My Thoughts

2 Penyebab Utama Perceraian

Hidup itu ada dua sisi. Ada hitam ada putih, ada baik ada buruk, ada kurang ada lebih. Begitupun dengan pernikahan pasti ada perceraian. Sebagai psikolog abal-abal, gue juga menampung beberapa curhat tentang perceraian.

Blogpost tentang pernikahan aku tulis disini ya

Berdasarkan curhatan yang  kutampung, analisa sotoy aku menyimpulkan bahwa penyebab utama perceraian adalah SEKS dan EKONOMI. Dua hal ini biasanya memicu hal-hal lain yang bisa menyebabkan perceraian, seperti:

  • Perselingkuhan

Perselingkuhan paling banyak terjadi karena suami atau istri merasa tidak puas dengan kehidupan seksual nya. Kalau dari pihak suami, entah karena bentuk fisik istri yang terlihat sudah tidak menarik atau istri di rasa sudah “dingin” atau bahkan karena merasa pernikahan nya sudah hambar sampai menarik kesimpulan sudah tidak cinta dengan istrinya. Kalau dari pihak istri, biasanya terjadi dengan alasan suami tidak mampu menjalani kewajiban nafkah bathin <<< duileeeh bahasa aku resmi amat 😀 bahasa keren nya karena suami lemah letih lesu di ranjang atau bisa terjadi karena sudah pernah menangkap basah perselingkuhan suaminya terus balas berselingkuh.

Perselingkuhan terjadi karena masalah ekonomi juga banyak. Biasanya dilakukan oleh para suami nih hehehe. Merasa sudah banyak uang, bisa jajanin perempuan lain yang lebih cantik dan sexy dibanding istrinya. Nah kalau dilakukan oleh para istri, biasanya karena suami kaya raya dan kurang perhatian, kemudian ikut arisan brondong alias arisan yang hadiah nya pria muda kinyis-kinyis hahahaha. Bahkan ada kasus perselingkuhan yang dilakukan istri karena memiliki suami pengangguran, jadi sang istri merasa berhak selingkuh karena mengendalikan keuangan keluarga

  • KDRT

KDRT atau Kekerasan Dalam Rumah Tangga biasanya terjadi karena tingkat stress yang tinggi akibat ekonomi atau keuangan rumah tanga yang morat marit. Biasanya terjadi dari pihak suami. Suami sebagai pencari nafkah utama tidak bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga emosi menghadapi istri yang rewel minta ini itu, tidak bisa menahan diri akhirnya melakukan kekerasan pada sang istri. Atau bisa juga terjadi pada rumah  tangga dengan istri  sebagai pencari nafkah, ego dan harga diri suami terusik setiap saat jadi pemicu emosi apabila suami merasa sang istri sudah mulai “jumawa” dengan status nya sebagai pencari nafkah.

  • Pihak Ketiga

Pihak ketiga yang kumaksud disini adalah keluarga masing-masing dari pihak suami atau istri, misalnya mertua atau para ipar. Pihak ketiga ini biasanya terkait dengan faktor ekonomi. Pada pernikahan yang terjadi dengan perbedaan status ekonomi salah satu pihak, sering terjadi pihak mertua yang lebih kaya raya meremehkan dan menghina menantu nya yang datang dari keluarga dengan tingkat ekonomi lebih rendah. Hinaan dan perlakuan tidak menyenangkan yang terjadi terus menerus dari pihak mertua dan para ipar dapat memicu pertengkaran. Bertambah parah pertengkaran tersebut dengan sikap suami atau istri yang terkesan membela pihak keluarganya, hal ini lah yang dapat memicu perceraian.

Perceraian juga bisa terjadi karena mertua atau para ipar merongrong alias celamitan. Mungkin kalau sesekali dapat di maklumi tetapi kalau celamitan terus menerus sementara suami atau istri tidak bisa tegas dalam berkeputusan, kemungkinan besar perceraian akan terjadi.

 

Selain hal-hal diatas, ternyata ada yang hal lain yang dapat memicu perceraian. Dan ini menarik karena jarang menjadi penyebab umum.

  • Hanya butuh status

Perceraian yang terjadi karena pernikahan yang dilakukan secara terpaksa. Misalkan pernikahan karena “kecelakaan” atau hamil duluan dan kedua keluarga tidak setuju dengan menantu nya. Membuat perjanjian bahwa perniksahan hanya dilaksanakan sampai sang bayi lahir, kemudian harus bercerai. Jadi perceraian ini hanya untuk menjelaskan status anak dan cucu nya.

  • Ilmu sihir yang sudah tidak ampuh.

Ini menarik, karena ada ternyata ada pernikahan yang terlaksana akibat ilmu sihir alias ilmu pelet alias guna-guna. Ini true story dari curhatan yang aku dapat. Temanku menikah karena di guna-guna oleh teman sekantornya. Awalnya temanku menolak ajakan kencan teman kantornya itu jadi berbalik jatuh cinta setengah mati sampai rela kawin lari kalau orang tua nya tidak mau menikahkan dia dengan teman kantor nya. Menikah hanya 2 minggu dan bercerai pada saat temanku ini sadar sudah di guna-guna.

Seperti ituuu analisa sotoy aku tentang penyebab perceraian….

Mungkin ada penyebab lain? please sharing di komen ya 🙂

happy wife, happy mommy, happy blogger :)

29 Comments

  • meinisa manas

    mak… yang point terakhir itu memang nyata.. terjadi juga di keluarga gue.
    ngeri bookkk…

    Pernikahan memang untuk dua orang dewasa. Kalo masih pengen jadi ‘bocah’ mending tetep flying solo aje -sekian saran mamah lodoh- hahahaha

  • Reyne Raea (Rey)

    Itu 5 mba, ga cuman 2 hahahaha

    Btw, kalau saya punya prinsip, sepahit apapun rasanya dikhianati, menangislah, berteriaklah, asal jangan ikutan membalas dengan berkhianat, karena kita tidak semurah itu hehehe

    Namanya pernikahan ya, penuh tantangan.
    Semoga kita semua bisa kuat dalam menjalani biduk rumah tangga 🙂

    • Irena Faisal

      ahahahhaak yang 3 lagi maksud nya turunan dari penyebab utama. Amiin YRA, semoga perniksahan kita berkah langgeng dunia akhirat ya Mbak 🙂

  • Dwi

    Hmm… Pernikahan memang harus diupayakan keharmonisannya bersama-sama dengan pasangan ya… Duuh, semoga sakinah mawadah wadahmah deh pernikahan kita semuanya…

  • Komik Kendy

    Hmmm.. semoga keutuhan keluarga kita selalu terjaga dari lima hal di atas ya mbak.. Pernikahan memang penuh tantangan.. semoga kita mampu melewati perjalanan panjang itu 😆

  • Rach Alida

    Ya Allah smoga kita dijauhkan dari kasus kasus perceraian seperti itu ya mba. Aku juga kenal beberapa orang yang bolak balik kawin cerai. ENtah apa penyebabnya 🙁

  • A

    Ya Allah moga kita dijauhkan dr perceraian, perbuatan yg sangat dibenci Tuhan.
    Yg ilmu sihir itu ngeri banget ya 🙁 Tapi katany emang nyata di masyarakat kita. Emang pegangan agama no 1 supaya rumah tangga senantiasa aman ya

  • Ludyah Annisah

    Yg terakhir ngeri banget ya mba, setelah proses menikung tak kunjung jua berhasil akhirnya pake cara instan via dukun ekwkwk. Tapi, kembali lagi. Banyak berdoa dan membawa keluarga untuk saling menguatkan iman satu sama lain yaa. Agar guncangan badai pun enggan untuk mampir

  • Ulya

    Sebab perceraian memang kadang sulit dinalar, mbak. Meskipun banyak juga yang wajar. Tugas kita menjaga agar semua tetap baik-baik saja.

  • Reni Dwi Astuti

    Ya Allah, semoga kita semua dihindarkan dari semua penyebab kasus perceraian di atas. Memang masing-masing pasangan harus bisa saling mengisi, saling memahami dan saling menerima satu sama lain. Percaya pada pasangan dan yang penting menikah dan berumah tangga harus didasarkan sebagai lahan ibadah kepada Rabb kita

  • Dwi Puspita

    Perselingkuhan memang bahaya ya. Selain dosa pun bisa menyebabkan perceraian gara2 sudah tidak harmonis. Memang dibutuhkan rasa saling percaya, pengertian, dan saling memahami.

    • Irena Faisal

      seriuuuus mbak, tadinya juga ku ngga percaya sampai pada saat temanku cerita di guna-guna mantas suaminya 🙁

  • Afrilentin

    Point kelima itu true story emang percaya gak percaya emang hari gini banyak bahkan orang nekat demi ya ngdapetin cwe ato cwo inceran diguna2 biasanya emang sadar setelah beberapa saat itu mba

    • Irena Faisal

      iya Mbak, tadinya aku juga ngga percaya sampai pada saat temanku cerita tentang dia di guna-guna mantas suaminya 🙁

  • Lili

    Klo boleh nambahin satu lagi ” orang tua” karena orang tua selalu menganggap anaknya kecil dan selalu mau terlibat dalam urusan rumah tangga anaknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *