Beauty and Health,  My Thoughts

5 Rahasia Hidup Sehat Dan Awet Muda

Siapa sih yang nggak ingin hidup sehat dan terlihat awet muda??? Sebagai seorang ibu dari tiga anak yang dua diantaranya sudah beranjak remaja tentu saja bangga jika banyak yang bilang awet muda. Seringkali aku gede rasa alias GR jika ada beberapa orang yang bilang bahwa aku pantas dianggap kakak beradik oleh anak-anakku yang beranjak remaja itu hehehe…

aku dan anak-anak gadisku

Setelah melalui berbagai masa kelam dalam kesehatan dan penampilan, kali ini aku mau bercerita tentang 5 rahasia hidup sehat dan awet muda. Caranya sangat mudah untuk dipraktekkan kok, nggak percaya??? teruskan baca sampai akhir blogpost ini ya πŸ™‚

Hindari Stres

Sepertinya hampir setiap orang pernah mengalami stres. Jaman now, stres itu tidak memandang umur, bahkan sepupuku bercerita bahwa anaknya yang berusia sekolah dasar sudah mengalami stres akibat banyaknya kegiatan sekolah. Tanpa disadari stres ini berakibat buruk kepada kesehatan dan penampilan. Stres akan menyebabkan kemunduran 1400 biokimia sehingga tubuh akan lebih cepat menua dan cepat lelah. Stres juga menyebabkan kerja otak jadi terhambat sehingga kita jadi tidak produktif. Salah satu cara mudah untuk menghindari stres adalah dengan meditasi.

source:pixabay
Mengatur Pola Makan Sehat

Pola makan sehat penting untuk dilakukan, namun banyaknya pola makan sehat yang dianjurkan bikin kita bingung kan, untuk lebih mudahnya berikut beberapa cara untuk memulai pola makan sehat sambil cari pola makan yang cocok dengan tubuh kita:

  • Makan karbohidrat baik
    Karbohidrat baik berasal dari sayuran dan buah-buahan. Pilihlah buah utuh dibandingkan konsumsi jus buah. Karbohidrat yang berasal dari nasi, roti, pasta, dan mie sebaiknya dikurangi.
  • Asupan protein dan serat di setiap menu.
  • Kurangi asupan gula dalam makanan misalkan buah yang diproses.
  • Berhati-hati terhadap makanan dan minuman kemasan.
  • Masak dengan bumbu dapur yang dapat dijadikan herbal.
    Kunyit, ketumbar, jahe dan kapulaga bisa memperlambat penuaan lho, bikin awet muda hehehe
  • Asupan vitamin D.
    Vitamin D bisa didapat dari kuning telur, minyak ikan atau berjemur selama 10 menit dibawah matahari pagi.
Menjaga Berat Badan Ideal

Selain sehat, menjaga berat badan ideal dapat membuat penampilan terlihat awet muda. Aku selalu memantau berat badan ideal dan ukuran lingkar pinggang agar tidak lebih dari 80cm.

Baca juga: 7 Cara Efektif Dijamin Turun Berat Badan

Ada beberapa aturan yang perlu dilakukan untuk menjaga berat badan ideal, yaitu:

  • Minum air putih sebelum makan.
    aku selalu minum air putih segelas jika perut terasa lapar, apabila rasa lapar itu hilang berarti yang terjadi adalah lapar semu. Jika setelah minum air putih, masih tetap terasa lapar, berarti memang sudah saatnya mengisi perut.
  • Makan cemilan sehat.
    cemilan sehat buatku adalah buah walaupun begitu tetap harus memperhatikan porsi takarannya.
  • Bergabung dalam komunitas.
    jika sudah menemukan pola makan yang cocok, sebaiknya bergabung dengan komunitasnya agar dapat dukungan dan saling menyemangati
source:pixabay
Tidur Teratur

Kurang tidur akan menyebabkan wajah terlihat lesu dan tampak tua. Kurang tidur juga dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh. Usahakan tidur selama 7-8 jam setiap harinya. Perbaiki kualitas tidur misalkan dengan mengatur suasana nyaman sebelum tidur dengan aromaterapi.

Baca juga: 6 Cara Mudah Atasi Insomnia

Sebaiknya hindari obat tidur. Pada jangka pendek memang akan menolong, tetapi akan berdampak buruk jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Olah Raga Teratur

Olah raga teratur itu bisa bikin awet muda. Karena olah raga yang teratur bisa membantu mengurangi stres dan menurunkan berat badan. Olah raga juga merangsang produksi hormon yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak. Jangan lupa olah raga yang teratur dapat membantu kesehatan kulit dengan meningkatkan produksi antioksidan alami tubuh sehingga dapat menunda penuaan.

source:pixabay

Ternyata mudah sekali kan cara untuk hidup sehat dan awet muda…. barangkali ada cara yang lain? please share di komen ya πŸ™‚

happy wife, happy mommy, happy blogger :)

9 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *