My Thoughts

6 Cara Mudah Atasi Insomnia

Insomnia dapat diartikan sebagai suatu ketidakmampuan memenuhi kebutuhan tidur baik kualitas maupun kuantitas. Lebih singkatnya adalah sebagai gangguan tidur. Insomnia ini dialami oleh banyak orang, bahkan menurut survey internasional jumlah penderita insomnia mencapai 28 juta orang pada tahun 2004 dan diperkuat oleh hasil survey terbaru bahwa prevalensi insomnia di Indonesia adalah 10% dari jumlah penduduk, diperkirakan akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Insomnia ini memiliki dua tipe yaitu tipe primer dan sekunder. Insomnia tipe primer ini muncul dengan sendirinya tidak ada hubungan dengan kondisi medis apapun, sedangkan insomnia tipe sekunder muncul akibat adanya gangguan medis lain. Insomnia juga dibedakan dari intensitasnya, insomnia akut terjadi dalam jangka pendek yang terjadi selama satu malam dalam beberapa minggu, gejalanya pun datang dan pergi. Kemudian ada insomnia kronis yang bertahan lebih lama, bisa terjadi selama tiga malam dalam seminggu atau sebulan atau bahkan bisa terjadi setiap malam.

Gejala insomnia bisa ditandai dari beberapa ciri, yaitu:

  • Sulit untuk memulai tidur di malam hari
  • Sering terbangun di tengah malam
  • Bangun tidur dengan tubuh lelah dan tidak segar
  • Sering mengantuk dan lelah di siang hari
  • Sakit kepala

Apabila insomnia semakin parah, gejalanya akan meningkat menjadi:

  • Mudah tersulut emosi
  • Sulit untuk fokus dalam bekerja
  • Susah untuk mengingat
  • Mudah cemas

Beberapa penyebab umum terjadinya insomnia adalah:

  • Stres
  • Kebiasaan tidur yang buruk
  • Sering mengkonsumsi kafein, nikotin dan alkohol
  • konsumsi obat-obatan
  • Kondisi medis seperti GERD, alergi, diabetes dan sebagainya

Cara mengatasi insomnia dengan mudah bisa melakukan beberapa hal seperti:

Cegah Stres

Mencegah stres bisa dilakukan dengan cara meditasi dibarengi oleh latihan pernapasan. Tertawa juga bisa menghilangkan stres secara alami, bisa dilakukan dengan cara menonton film komedi, atau membaca cerita humor.

doc: Google
Perbaiki kebiasaan tidur

Memperbaiki kebiasaan tidur bisa dimulai dari membersihkan tubuh sebelum naik ke tempat tidur, kemudian membersihkan kasur. Matikan televisi dan simpan gadget, jangan lupa redupkan lampu kamar.

doc: Google
Minum minuman penghantar tidur

Minuman penghantar tidur bisa berupa teh hangat, susu segar hangat atau coklat panas. Untuk teh hangat, sebaiknya minum teh yang terbaik untuk mengatasi insomnia adalah teh chamomile karena teh ini dipercaya bisa menenangkan pikiran sehingga membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Minumlah satu cangkir teh chamomile 30 menit menjelang waktu tidur.

doc: Google
Mendengarkan musik

Mendengarkan musik adalah salah satu cara untuk membuat pikiran menjadi lebih rileks, termasuk menjelang tidur. Lagu yang paling direkomendasikan berdasarkan penelitian ahli saraf dari MindLab International adalah lagu Weightless yang berasal dari hasil kolaborasi trio Marconi Union bersama beberapa pakar terapi suara. Lagu Weightless ini dirancang untuk memperlambat detak jantung, mengurangi tekanan darah, dan menurunkan kadar hormon stres kortisol.

doc: Google
Olah raga rutin

Olah raga bisa memperbaiki metabolisme dan mengurangi stres. Lakukan olah raga di pagi hari karena sinar matahari bisa membuat jam biologis tubuh normal kembali. Jangan melakukan olah raga dimalam hari apalagi menjelang tidur, karena bisa meningkatkan energi dan suhu tubuh. Olahraga yang dianjurkan untuk mengatasi insomnia adalah Kardio dan Yoga. Olahraga untuk mengatasi insomnia ini sebaiknya rutin dilakukan setidaknya 30 menit per hari.

doc: Google
Makan buah Kiwi

Menurut tim peneliti dari Taiwan Taipei Medical University, buah kiwi bisa membuat seseorang tertidur lebih cepat dan tidur lebih nyenyak. Karena buah kiwi mengandung kadar antioksidan dan serotonin yang tinggi. Serotonin adalah hormon yang bertugas untuk mempercepat tidur dan membuat tidur lebih nyenyak. Serotonin juga berkaitan dengan kinerja melatonin, hormon yang berperan penting dalam pola tidur.

doc: Google

Apabila dibiarkan berlarut-larut, insomnia bisa menyebabkan penyakit berat seperti stroke, diabetes mellitus, tekanan darah tinggi, gagal ginjal bahkan penyakit jantung. Semua penyakit berat itu tentu memerlukan biaya pengobatan yang tidak sedikit.

Menyadari akan hal tersebut, Bank Panin melalui CekAja.com ingin membantu mengatasi permasalahan biaya kesehatan melalu Kredit Tanpa Agunan. Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah produk pinjaman kredit yang tidak memerlukan jaminan. KTA Bank Panin ini menyediakan limit pinjaman mulai dari 3 juta rupiah sampai dengan 500 juta rupiah dengan jangka waktu kredit yang panjang hingga 36 bulan. Pengajuan KTA Bank Panin melalui CekAja.com caranya mudah, hanya dengan mengisi data persyaratan secara online dan mengirim berkas-berkas yang diperlukan lewat jasa pengiriman. Kemudian tinggal tunggu dana dicairkan. Untuk informasi yang lebih lengkap tentang KTA Bank Panin ini bisa dilihat di CekAja.com.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

happy wife, happy mommy, happy blogger :)

14 Comments

  • Dian Restu Agustina

    Wasuh, apabila dibiarkan berlarut-larut, insomnia bisa menyebabkan penyakit berat seperti stroke, diabetes mellitus, tekanan darah tinggi, gagal ginjal bahkan penyakit jantung…duh takut!
    Ku sudah coba teh chamomile, kiwi sebelum tidur belom nyoba. Dan musiknya itu mau juga coba ah

  • Tina

    Wah aku tergolong susah tidur sih. Tapi kalau udah tidur jarang sekali terbangun tengah malam. Dan males-malesan bangun pagi hahahaha..

    Tipsnya bagus. Gadget memang salah satu yang bikin susah tidur juga

  • April Hamsa

    Aku mbak mengalami insomnia sejak punya anak hiks. Mau konsultasi ke ahli kejiwaan sih, tapi blm sempet, pdhl ya aku gak ngrasa stress yg gmn2 tapi ya mungin secara gak nyadar kali ya haha malah curcol πŸ˜€
    Waduh jangan sampai deh sakit trus ngutang hiks, moga2 kita jauh2 dr penyakit aamiin

  • lendyagasshi

    Kalau di drama-drama Korea yang aku tonton, memang minum teh chamomile ini efektif bikin tidur lebih berkualitas (gak insomnia lagi…)
    Tapi nyatanya, belum pernah minum teh chamomile.
    Hahha…gak pernah nemu ya…beli dimana siik?

  • Lia Yuliani

    Saya malah terbiasa bangun malam, Karena tidur lebih awal bareng anak. Jadi waktu ini saya sempatkan nulis atau kadang salat malam.

    Banyak cara mengatasi insomnia ternyata makan kiwi dan minum teh chamomile bisa jadi solusi.

  • innaistantina

    sejak mulai rutin yoga, tidur saya sekarang udah benerrrr, jam 9-10 itu udah ngantukkkk. Paling tidur agak molor itu kalo wiken, marathon nonton netflix sama suami, hehehe. Tapi dengan tidur lebih awal itu memang badan lebih segerrrrrr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *