My Thoughts

6 Keterampilan yang Perlu Dimiliki oleh Blogger

Sebagai newcomer dalam dunia blogging, aku banyak membaca dari para pendahuluku alias blogger senior. Dari banyak artikel itu, aku menyadari bahwa sebagai seorang blogger itu perlu keterampilan yang harus diasah jika ingin menjadi blogger profesional.

Menurut analisa sotoy ku, ada 6 keterampilan yang perlu aku tekuni dan aku asah supaya aku jadi blogger yang lebih kece hehehe…

MENULIS

641513-POM3FQ-988.jpg

Keterampilan yang paling penting adalah menulis. Menurutku, dalam dunia blogging, tak hanya sekedar bisa menulis. Seorang blogger harus bisa menulis artikel yang berkualitas dong. Maksudku berkualitas adalah artikel yang ditulis harus menarik dan informatif, dengan penyajian bahasa yang enak dibaca. Selain itu, blogger juga harus belajar tentang search engine optimisation (SEO). Setiap blogger pasti ingin jika blognya dibaca banyak orang yakhaaann… agar bisa dibaca banyak orang, blognya harus mudah dicari di mesin pencari macam Google. Lebih bagus lagi kalau blognya bisa ada di halaman satu Google. Nah, agar blognya mudah dicari atau ingin berada di halaman satu Google, butuh keterampilan SEO yang mumpuni.

FOTOGRAFI

https://www.freepik.com/free-psd/paper-mockup-with-photography-concept_3192674.htm

Menurutku, keterampilan ini juga penting. Banyak artikel blog yang kubaca isinya review suatu produk atau tempat bahkan tentang acara yang dihadiri oleh blogger. Semua itu pasti menampilkan foto dong. Setidaknya jadi blogger itu harus belajar dua teknik dasar fotografi, yaitu teknik pengambilan gambar (type of shot) dan sudut pengambilan gambar (angle).

FOTO EDITOR

Aku makin suka baca blog yang fotonya keren-keren. Nah, supaya tampilan foto-foto di blog kita keren, kita harus belajar foto edit. Misalkan supaya cahayanya lebih terang atau gelap, ukuran foto lebih enak dilihat, dan lainnya. Sekarang ini banyak aplikasi foto editor yang bisa dipelajari bahkan ada banyak yang gratisan.

SOCIAL MEDIA (MARKETING)

https://www.freepik.com/free-photo/social-media-icon-blocks-laptop-blue-background_2573249.htm

Tidak bisa dipungkiri, jaman now jamannya sosial media. Menurutku, sosial media ini bisa jadi ajang “Jual Diri” buat seorang blogger lho. Contohnya bisa share blogpost terbaru ke banyak sosial media komunitas blogger. Social Media Marketing juga bukan cuma untuk suatu perusahaan atau brand, blogger jaman sekarang biasanya juga merangkap sebagai influencer yang harus aktif  dan “menjual”di sosial medianya.

WEB DESIGN

Web design adalah keterampilan untuk mempercantik halaman website atau blog kita. Sebagai seorang blogger, setidaknya harus bisa menentukan wire frame blognya, menentukan theme blog yang sesuai dengan keinginannya, menentukan jenis huruf yang nyaman buat pembacanya, termasuk menentukan seberapa cepat dan responsif blog nya. Semua itu bisa di diskusikan kepada web designer untuk mengaplikasikan ke blog kita.

CODING
https://www.freepik.com/free-vector/linear-web-development-illustration_1166946.htm

Coding ini sebenarnya urusan web developer sih, tapi agar makin totalitas jadi blogger akan lebih baik lagi mengenal coding walaupun sedikit.. Menurutku setidaknya blogger mengerti back end blog nya yang isinya banyak berupa kode pemrograman, misalnya html banner komunitas yang ingin dipasang di blognya. Atau kode script untuk Google Index, dan lain lain.

Seperti ituuuuhh 6 keterampilan blogger yang sedang aku pelajari hampir tiap hari heheheh, kira-kira apalagi ya? Please sharing di komen 🙂

 

 

 

 

happy wife, happy mommy, happy blogger :)

20 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *