Beauty and Health,  Diet Stories

7 Cara Efektif Dijamin Turun Berat Badan

Siapa sih yang kepingin punya ukuran tubuh jumbo alias gendut atau yang lebih parah lagi obesitas ??? aku rasa nggak ada deh, kecuali orang-orang yang denial dan sering menghibur dirinya seperti “aah yang penting sehat” atau “nggak apa-apa dong, Big is Beautiful”

Percayalah aku pernah masuk ke dalam golongan orang-orang yang denial itu sampai akhirnya merasakan ada yang “nggak beres” dalam jiwa ragaku. Dengan berat badan hampir 90kg, aku merasa sering sesak napas, mudah lelah, jerawatan parah, dan kurang khusyuk pada saat sholat karena lututku sakit ketika sedang melakukan gerakan duduk tasyahud. Pada jiwaku, aku merasa makin nggak percaya diri apalagi ketika “berhadapan dengan suami” sampai akhirnya suamiku protes begini: KALAU KAMU NGGAK PEDE DENGAN BADAN KAMU, YA KURUSIN BUKAN MENJAUH DARI SAYA”

Ini aku yang dulu 😀

Dari situ, makin kuat niatku untuk menurunkan berat badan. Berbagai macam obat yang katanya bisa melangsingkan mulai buatan luar negeri yang harganya jutaan sampai dengan buatan lokal yang harganya sungguh terjangkau aku tenggak, nggak lupa perawatan ke dokter gizi dan kecantikan sampai sinshe pun aku jalani demi melangsing. Aku ingat pernah tanam benang langsing mulai dari tengkuk sampai paha termasuk perut dan pinggul. Belum lagi berbagai macam metode diet yang kujalani, waaah pokoknya perjuanganku nggak bercanda deh hehehehe…

Sampai akhirnya aku bisa menurunkan berat badan sebanyak 30kg itu merupakan suatu prestasi yang membanggakan buatku. Oh ya aku tulis ini murni berdasarkan pengalamanku ya, bukan bermaksud menggurui.

Naaah sekarang aku ceritakan bagaimana cara-cara efektif menurunkan berat badan, karena cara ini berhasil buatku. Nggak ada salahnya untuk dicoba dulu hehehe…

Detox

Detox bisa diartikan membuang racun didalam tubuh terutama dari dalam usus. Menurutku, jika ingin menurunkan berat badan perlu untuk melakukan detox agar tubuh lebih siap menyerap asupan sehat dan dari detox inipun berat badan sudah mulai menurun kok.
Detox yang aku lakukan adalah puasa makan, HANYA MINUM JUS BUAH-SAYUR DAN AIR PUTIH. Jus buah-sayur yang aku bikin berbeda tiap harinya supaya nggak bosan. Jus buah-sayur kesukaanku macam: Jus Apel-Lemon-Kale, Jus Bayam-Seledri-Wortel-Apel, dan Jus Lemon-Jahe-Buah Naga. Aku mulai minum jus buah-sayur ini pagi hari setelah bangun tidur dan setelahnya minum air putih segelas. Minum jus buah-sayur ini setiap 2-3jam selama waktu detox yang ditetapkan misalkan 3 hari.

source:pixabay
Tentukan pola makan yang cocok

Terkadang orang berpikir bahwa semua diet atau pola makan pasti menurunkan berat badan, padahal belum tentu juga. Memang benar diet tertentu akan berpengaruh pada penurunan berat badan orang lain tapi kadang bisa juga tidak berpengaruh jika dilakukan oleh kita. Sering aku dengar kata-kata ” aah saya sudah pernah diet xxx tapi nggak ngaruh tuh turunin berat badan” yes aku pun pernah bilang begitu, itu karena diet yang aku jalani tidak berjodoh dengan tubuhku. Jadi, pilihlah pola makan yang cocok agar berat badan benar-benar turun, nggak cuma bercandain kita alias naik turun atau bahkan nggak turun sama sekali. Untuk pola makan, yang cocok aku terapkan adalah pola makan low carbs, very low sugar.

Baca juga: Ketofastosis, Makan Enak Turun Berat Badan 30kg

Minum Teh Hijau

Minumlah teh hijau hangat tanpa gula setelah makan dan sebelum tidur. Berguna untuk menurunkan tekanan darah dan melancarkan metabolisme.

source:pixabay
Intermitten Fasting

Intermitten Fasting adalah puasa makan selama beberapa waktu tetapi boleh minum. Intermitten fasting ini ada beberapa metode, metode yang paling mudah dan selalu aku lakukan adalah The 16/8 method, yaitu tidak makan dalam waktu 16 jam termasuk waktu tidur dan makan dalam waktu 8 jam. Lebih jelasnya seperti ini, aku puasa makan dari jam 8 malam sampai dengan jam 12 siang, kemudian buka puasa alias makan dari jam 1 siang sampai dengan jam 7 malam. Tetapi pada saat jendela makan, aku makan dengan menu sesuai pola makan yang aku terapkan.

Olah Raga

Mungkin terdengar klise, tapi yang aku alami olah raga membantu memperbaiki metabolisme tubuh dan membakar lemak. Aku sewa jasa personal trainer selama 6 bulan di awal, PT ini melatihku untuk  melakukan gerakan olah raga yang benar, karena olah raga yang sembarangan bisa mencederai tubuh kita. Sedikit bocoran nih, carilah PT yang galak agar bisa meneror kita untuk disiplin berolahraga. Jika tidak sempat ke pusat kebugaran, lakukan olah raga yang mudah seperti lari keliling komplek rumah, atau yang lebih mudah lagi gendong anak sambil naik turun tangga hehehe… olah raga itu harus dilakukan setidaknya 30 menit per hari, bisa cari di youtube untuk gerakan olah raga ringan yang bisa dilakukan sehari-hari.

source:pixabay
Timbang berat badan dan lingkar tubuh

Dua hal ini aku lakukan untuk memotivasi agar semakin semangat untuk melakukan diet dan olah raga. Aku timbang berat badan di pagi hari sesudah BAK dan lebih bagus lagi sesudah BAB, pada saat timbang berat badan aku melepas pakaian kecuali celana dalam supaya tahu berat badan yang sesungguhnya. Kemudian aku ukur lingkar badan seminggu sekali, agar terlihat progress penyusutan berat badan.

source:pixabay
KONSISTEN

Faktor keberhasilan penurunan berat badan adalah Konsistensi. Inilah hal yang tersulit menurutku, karena seringkali kita lupa akan perjuangan pada saat menurunkan berat badan. Melihat berat badan turun beberapa kilogram atau lingkar tubuh menyusut beberapa sentimeter langsung jumawa hahaha. Apalagi kalau support system kita menyebalkan misalkan suami yang selalu minta ditemani makan malam, atau macam suamiku yang selalu jejalkan aku makanan yang tinggi kalori tinggi gula setiap akhir pekan zzz…zzz…zzz… Kalau aku, agar tetap konsisten selalu lihat foto-foto aku pada saat aku obesitas, atau lihat video ngos-ngosan aku pada saat dilatih personal trainer, atau lihat baju-celana yang sebesar seprai yang masih kusimpan hingga kini, pokoknya melihat kembali dosa-dosa masa lalu yang kelam itu hahaha…

Baca juga: Balance Diet, Diet Santai Turun Berat Badan 5Kg

Alhamdulillah dengan melakukan cara-cara yang aku ceritakan di atas, sampai pada saat aku menulis blogpost ini berat badanku stabil. Kalaupun naik 1-2kg sehabis liburan, dan aku kembali ke pola makanku dan berolahraga, berat badanku pun kembali ke ukuran idealnya 🙂

Nah, sekarang aku kepo nih pola makan sehat ala kalian… sharing dong di komen 🙂

 

happy wife, happy mommy, happy blogger :)

22 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *