Beauty and Health,  Diet Stories

Balance Diet, Diet Santai Turun Berat Badan 5Kg

Aku mulai memasuki waktu Indonesia bagian galau karena berkali-kali merasa gagal diet. Aku whatsapp lagi deh tuh catering diet yang dulu sediain makanan diet mayo aku.

Baca deh: 13 hari dengan Diet MAYO turun berat badan 6 Kg

Aku curhatin deh tuh si mbak catering tentang suka duka dietku, terus aku bilang mau jalanin diet mayo lagi tapi koq hatiku nelongso 🙁 alias ngga siap mesti di “setrap” lagi hasrat makanku. Eh ndilalah nya aku di tawarin Balance Diet, katanya diet ini diet santai, tetap bisa makan enak tapi berat badan menyusut. Ya Allah aku berasa di kasih angin surga dong pas di kasih tau begitu 😀 Langsung cuuusss aku order itu menu balanced diet buat seminggu.

Selagi nunggu kedatangan menu balance diet, aku kepo dong tentang diet ini (yes, kepo is my middle name =P).

Balance diet atau diet gizi seimbang adalah salah satu jenis diet yang terbukti terbaik karena memberikan gizi seimbang yang diperlukan tubuh dan memenuhi kebutuhan metabolisme

Ada lima kelompok besar makanan dalam komponen balance diet, yaitu karbohidrat, buah dan sayur, protein, susu dan turunan nya, yang terakhir gula dan lemak.

Di piramida gizi seimbang, karbohidrat ada di barisan paling bawah. Artinya karbohidrat adalah komponen yang paling penting karena banyak menyediakan paling banyak energi. Setiap hari kebutuhan karbohidrat ideal adalah beda-beda tergantung jenis kelamin dan usia (bisa dilihat pada Angka Kecukupan Gizi di Kementrian Kesehatan Indonesia). Tapi kabarnya untuk perempuan yang lagi jalanin diet, asupan karbohidrat yang ideal adalah maksimal 200 gram per hari.

Barisan kedua di piramida gizi seimbang adalah buah dan sayur. Selain mengandung banyak vitamin dan mineral, buah dan sayur juga memiliki kadar air yang tinggi dan kadar lemak yang rendah. Asupan ideal buah dan sayur untuk yang lagi jalanin diet adalah 150 gram per hari untuk buah dan 250 gram per hari untuk sayur.

Next, ada protein dan susu di barisan ketiga. Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan sel yang rusak. Asupan protein yang ideal untuk orang yang lagi diet adalah 120-140 gram per hari. Susu dan turunan nya adalah sumber kalsium yang terbaik. Untuk orang yang jalanin diet bisa konsumsi susu dengan susu rendah lemak

Di barisan paling atas piramida gizi seimbang adalah gula dan lemak. Artinya komponen ini harus dibatasi oleh orang yang lagi jalanin diet.

Tulisan di atas adalah hasil per-kepo-an gue tentang balance diet. Makin semangat dong aku buat jalanin nya, kali aja dosa dan pahala gue juga seimbang 

Nah untuk menu balance diet yang aku order di se-se-catering its begini nih penampakan nya

Gimana? gimana? nampak enak kan menu balance diet nya?
Iya emang enaaaaakk, aku langganan balance diet ini selama 3 bulan an kayanya. Hasil akhirnya turun berat badan sekitar 5 kg dalam 3 bulan. Sedikit sih, mungkin prinsip balance diet ini alon-alon asal kelakon alias pelan tapi pasti hahaha. Ngga papah, ku tetap syukaa karena beneran bisa makan enak tapi berat badan menyusut 😀

Buat yang mau diet santai tapi berat badan teteup turun, bisa di coba (dan ditelatenin) deh balance diet ini 🙂

 

happy wife, happy mommy, happy blogger :)

5 Comments

  • Dee Rahma

    Memang mesti tekun dan rutin yaah kalau mau berhasil balance diet-nya ini 😉
    Kece loh bisa turun sampai 5 kg gitu Kak Iren!

    Cheers,
    Dee Rahma
    heydeerahma.com

  • Eno

    Aku juga lagi diet rendah gula (dan rendah karbo). Tapi bukan buat nurunin berat badan, sih. Buat sehat aja 🙂
    Salam kenal sesama pejuang diet yak :))

  • Jane Reggievia

    Aku pernah sebulan nggak makan nasi (dan turunannya) lumayan sih BB turun 1-2kg, perut juga nggak gampang begah. Tapi abis itu bablas lagi deh sampe hari ini hahahaha. Memang diet itu butuh komitmen ya. Semangat Mba untuk dietnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *