My Thoughts

Berbagi Ilmu Saat Mudik ke Pandeglang

Bapakku berasal dari Pandeglang Banten ,Jawa Barat. Yang aku lihat pada saat berkunjung kesana beberapa tahun yang lalu, Pandeglang ini masih merupakan daerah tertinggal. Masih banyak penduduknya yang mengalami kemiskinan. Aku pernah lihat, ada beberapa anak sedang makan nasi hanya dengan lauk terasi, sedih sekali. Kemudian aku baca beberapa artikel di media online, sampai saat ini pun Pandeglang masih berstatus daerah tertinggal karena masih puluhan desa yang belum mengalami kemajuan baik itu infrastruktur maupun ekonomi.

source: Google

Sebagai anak yang setengah darahnya berasal dari Pandeglang, besar keinginanku membantu penduduk disana tidak hanya dengan materi tetapi juga ingin berbagi ilmu. Ilmu yang ingin aku bagikan adalah ilmu berdagang

Pandeglang memiliki kuliner yang unik, aku rasa keunikan kuliner tersebut bisa dijual untuk meningkatkan ekonomi penduduknya.
Kuliner unik Pandeglang yang paling terkenal adalah Opak Ketan. Opak Ketan adalah makanan ringan berjenis kerupuk yang terbuat dari tepung ketan dan dipanggang diatas arang kayu. Aroma pembakarannya menambah nikmatnya pada saat menggigit Opak Ketan

Opak Ketan – Google

Aku pikir Opak Ketan ini bisa dijual keluar dari daerah Pandeglang apabila dikemas dengan kemasan yang tahan lama.

Kuliner berikutnya adalah Otak Otak Ikan. Terletak di dekat pantai membuat Pandeglang tidak sulit untuk mendapatkan ikan payus atau ikan tenggiri. Kedua ikan itu akan sangat lezat bila dijadikan panganan Otak Otak.

Otak Otak Ikan Pandeglang – Google

Aku pikir jika Otak Otak ini dibuat dalam versi frozen dan dikemas dalam vaccum pack akan bisa dijual keluar daerah Pandeglang.

Kuliner selanjutnya adalah kue Pasung. Kue Pasung adalah kue yang terbuat dari dua adonan, yang pertama campuran gula aren dan tepung beras, adonan yang kedua campuran santan dan tepung sagu. Campuran kedua adonan ini membuat Kue Pasung terasa manis legit dan kenyal. Biasanya ibu-ibu di Pandeglang menambahkan potongan kelapa atau nangka untuk menambah rasa dan harum Kue Pasung. Kue Pasung itu unik karena berbentuk corong dan apabila digigit akan keluar lelehan gula aren dari dalamnya.

Kue Pasung

Sebenarnya penduduk Pandeglang akan membuat Kue Pasung apabila ada acara-acara kebesaran macam pernikahan, khitanan, atau perayaan keagamaan. Kue Pasung dikemas dalam balutan daun pisang dan seingatku bisa tahan sampai sekitar 5 hari. Aku pikir karena keunikannya, Kue Pasung ini bisa dikenalkan dan dijual keluar daerah Pandeglang.

Harapanku penduduk Pandeglang tidak hanya membuat kuliner unik ini di daerah mereka, tetapi bisa mempopulerkan juga keluar dari daerahnya. Sehingga bisa mendatangkan pendapatan dan memperbaiki ekonomi mereka.

 

 

happy wife, happy mommy, happy blogger :)

20 Comments

    • Siwi Ragil

      Semoga pemerintah setempat bisa memfasilitasi dan mengedukasi para warganya agar bisa mengembangkan kuliner khas mereka untuk dijual ke luar daerah sehingga bisa meningkatkan perekonomian warga setempat

  • Reyne Raea

    Otak-otak ikan is da best mbaaaa, duhh ngileeerrrrrr

    Kapan nih saya bisa main ke Pandeglang, sebuah daerah yang selalu saya dengar hanya di TV saja? (iya saya denger TV, ga liat hahahaha)

    Paling suka mah saya ama otak-otak ikan, baik dibakar maupun di goreng, apalagi liat yang gini-gini, rasanya otak-otaknya terlihat enyaaakkk πŸ˜€

  • Gioveny

    Aku pernah ke pandeglang sekedar mampir makan bakso enak di pasar dan makan sop duren yg waktu itu belom banyak di deket rumah. Ternyata banyak ya makanan khasnya

  • Okti Li

    Buka bisnis ga? Kalua iya daftar ya siapa tahu ada lowongan hehehe…
    Kuliner memang akan jadi bisnis yang ga ada matinya, semua orang pada dasarnya butuh makanan kan?
    Apalagi ini semua makanan tradisional. Sekaligus melestarikan kearifan lokal masyarakat ya

  • Dian

    Harusnya peluang bisnis kulinernya banyak ya mbak..

    Tapi mgkn kurang modal, bisa brp uang atau kemampuan memasarkannya.

    Klo ada yg membantu memberdayakan pasti bisa harusnya

  • Diayu Refina

    Biasa makan opak ubi, penasaran sama opak ketan gimana rasanya. Terus kue pasung itu kayak dodol ya mba teksturnya? Tapi ada isiannya gula merah ya mba. Potensi banget sih kalau ada yg gerakin masyarakat buat UKM gitu mba.

  • artha

    bentuk kue pasung mirip kue cocot atau krocot di Jawa Timur. kalau soal rasa ya beda sebab kue pasung kan ada lelehan gulanya begitu. duh jadi pengen coba

  • April Hamsa

    Kue pasung ini kalau gak salah mirip salah hampir mirip sama kue di Jawa tapi kami nyebutnya “lepet” πŸ˜€
    Belum pernah ke Pandeglang tapi suamiku pernah beberapa kali tugas di sana. Penasaran kyk apa rasa opak ketan πŸ˜€

  • Rach Alid

    Aneka makanan baru aku ketahui nih setelah membaca tulisan ini. PAndeglang banyak juga ya kuliner khas yang enak mba. Aku belum pernah ke Pandeglang tapi mau nyoba kue pasung πŸ™‚

  • Syarifani Mulyana

    Ayo mba Iren buka usaha yang produknya berasal dari Pandeglang, sebetulnya produknya potensial banget dijadikan produk oleh-oleh lalu dikemas jadi kemasan yang menarik. Sekalian ikut membantu perekonomian Pandeglang. Tinggal bulatkan niat nih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *