Kuliner,  Travel

Cafe Batavia | Restoran Antik nan Mewah di Kota Tua Jakarta

Jaman sekarang, Kota Tua Jakarta sudah menjadi salah satu tujuan wisata. Di kawasan ini terdapat salah satu restoran antik yang mewah yang biasa disebut Cafe Batavia. Kenapa aku sebut antik ? karena gedung restoran ini dibangun pada tahun 1837. Dibangun seberang gedung Balaikota Pemerintahan Hindia Belanda yang sekarang sudah menjadi Museum Fatahilah.

Sebelum menjadi Cafe Batavia, gedung ini pernah menjadi kantor pemerintah Belanda sebelum dibeli oleh saudagar arab. Kemudian dibeli oleh pria berkebangsaan Perancis bernama Paul Hassan pada tahun 1990 yang menjadikan gedung ini sebagai galeri lukisan. Baru pada tahun 1991 gedung tua ini dibeli oleh Eka Chandra dan diubah menjadi Cafe Batavia.

Cafe Batavia – Kota Tua Jakarta

Cafe Batavia terdiri dari dua lantai. Lantai satu terdapat panggung kecil untuk live music selain tempat makan, lantai satu juga merupakan smoking area.

Aku pilih makan di lantai dua karena merupakan non smoking area. Menuju ke lantai dua pengunjung akan disuguhkan banyak foto-foto jaman dulu yang menarik yang dipajang di tembok dan bisa dijadikan spot foto yang instagramable.

Cafe Batavia – Tripadvisor

Ruang makan di lantai dua Cafe Batavia terlihat lebih terang daripada di lantai satu. Jendela-jendela tinggi menjulang dan pilar kayu yang dipasang foto-foto jaman dulu ditambah meja kursi jati membuatnya terlihat antik sekaligus mewah.

Cafe Batavia – Lantai 2

Nuansa antik pun berlanjut ke restroom. Tapi bedanya ditambah dengan suasana mistis hehehe. Restroom di Cafe Batavia banyak terdapat foto-foto jadul yang agak seronok dengan lampu temaram. Dindingnya berwarna hijau gelap dan toiletnya berwarna hitam.

Cafe Batavia – Restroom

Untuk menu makanan dan minumannya, yang pasti harganya mahal hahaha…. Sebagian besar menu makanannya bergaya western, tapi Cafe Batavia juga menyediakan menu ala Indonesia. Untuk minumannya, selain menyediakan minuman standar macam teh, kopi, dan jus, Cafe Batavia juga menyediakan minuman beralkohol.

Cafe Batavia – Menu Makananan & Minuman

Aku pesan Nasi Campur Meneer yang terdiri dari nasi putih, rendang daging, telur balado, urap sayur, dan rempeyek kacang. Jujur saja, untuk makanan seharga Idr.128K Nasi Campur Meneer sungguh terasa biasa saja, nothing special gituuu hehehe
Begitu pula dengan masakan yang diberi judul Kambing Jawa (lupa aku foto) yang harganya Idr.158K. Kambing Jawa yang terdiri dari nasi putih, tengkleng kambing, dan sate klathak kambing muda ini juga tidak terasa special. Bahkan rasa tengkleng kambingnya pun kemanisan.

Cafe Batavia – Nasi Meneer

Secara keseluruhan, menurutku Cafe Batavia ini termasuk fine dining. Tapi sayangnya rasa (beberapa) menu makanannya tidak sebanding dengan harganya yang terbilang mahal. Untuk pelayanannya pun harus diperbaiki. Selain lambat, pelayannya juga tidak cepat tanggap misalkan pada saat makanan datang tidak langsung disediakan sendok dan garpu.

Cafe Batavia Jakarta
Jl. Pintu Besar Utara no.14
Kawasan Kota Tua, DKI Jakarta
Telp; 021-6915534
https://www.cafebatavia.com

 

 

happy wife, happy mommy, happy blogger :)

24 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *