Parenting

Cara Ampuh Menciptakan Bonding dengan Anak

Bonding secara teoritis artinya ikatan, mengikat, atau menempel. Bonding secara psikologis artinya ikatan emosional yang kuat antara orang tua dan anak. Bonding berperan penting terhadap suatu bentuk hubungan keluarga, karena bonding yang berkualitas akan menciptakan hubungan keluarga yang harmonis. Banyak orang tua yang salah kaprah dalam memahami arti bonding.

Bonding tidak hanya sekedar berada seharian di rumah bersama anak, tetapi paham apa yang menjadi kebutuhan anak. Bonding bisa diciptakan sejak ibu mengandung hingga anak-anak beranjak dewasa.

Aku ceritakan ya beberapa cara ampuh agar tercipta bonding yang berkualitas antara kita dan anak-anak kita…

Sentuhan
Bonding lewat sentuhan bisa dilakukan sejak ibu mengandung. Mengusap perut sambil mengobrol dengan bayi dikandungan misalnya. Waktu aku hamil dulu, seringkali mengusap perut sambil ajak bayiku bicara apa saja seakan-akan dia sudah berwujud, reaksi bayiku adalah menendang-nendang perutku, rasanya bahagia sekali. Bonding lewat sentuhan ini juga bisa dilakukan oleh ayah sang bayi atau kakaknya lho.

Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik jika bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk menciptakan bonding saat mengandung. Bayi pun akan memberikan reaksi lewat gerakan dari dalam perut.


Peluk dan Cium
Peluk dan cium ini bisa dilakukan sejak bayi baru lahir sampai anak-anak beranjak dewasa. Peluk dan cium yang kita lakukan pada anak sejak bayi, akan membuat anak-anak merasa aman, nyaman dan dicintai.


Makan bersama
Bonding seperti ini juga bisa dilakukan oleh orang tua bekerja. Bisa dilakukan pada saat sarapan pagi atau pada saat makan malam. Bonding lewat cara ini bisa dilakukan juga untuk anak-anak yang sudah beranjak remaja. Biasanya aku lakukan ini bersama anak-anak remajaku pada saat makan malam sambil bertanya tentang kegiatan sekolah dan kegiatan sosial mereka.


Aktifitas Mandi
Aktifitas mandi juga bisa jadi cara untuk menciptakan bonding. Bisa dilakukan sejak anak kita masih bayi sampai balita. Sambil memandikan anak, sambil ajak ngobrol atau ajak bercerita. Aktifitas mandi ini juga bisa dilakukan untuk orang tua bekerja pada saat akhir pekan.


Pijat Anak
Ini yang paling sering aku lakukan terhadap anakku, karena anakku biasanya tidur lebih nyenyak jika habis dipijat. Pijat anak ini juga termasuk cara yang ampuh untuk menciptakan bonding dengan anak lewat gerakan memijat yang tentu saja harus dilakukan dengan lembut, aku juga sekaligus mendongengkan anakku. Hasilnya jelas bikin anakku lebih cepat tidurnya hehehe… aku lakukan ini sejak anakku masih bayi sampai sekarang anakku sudah jadi balita.


Cara memijat anak yang baik dimulai dari bagian wajah, kemudian bagian dada, dilanjutkan ke bagian perut tengah dan perut bawah, berikutnya pijatan ke bagian punggung dan jangan lupakan bagian kaki. Sebaiknya pijat anak dilakukan pada saat mau tidur malam, jangan lakukan pijat anak pada saat anak dalam kondisi lapar atau kekenyangan.

Untuk memijat anak biasanya aku pakai minyak kelapa dicampur dengan minyak kayu putih. Tapi sekarang ini aku menggunakan minyak telon bayi Air Mancur.

Kenapa pakai milon Air Mancur? karena terbuat dari 100% bahan alami, yaitu minyak kelapa dicampur dengan minyak kayu putih ditambahkan dengan minyak adas. Milon Air Mancur ini ada dua varian yaitu varian natural dan varian lavender. Milon Air Mancur varian natural itu minyak telon khas wangi bayi,


sedangkan milon Air Mancur varian lavender wanginya menenangkan dan mengandung anti nyamuk.


Selain buat pijat, milon Air Mancur ini juga baik untuk mengatasi perut kembung dan menghangatkan tubuh anak sehingga anak jadi merasa lebih nyaman. Biasanya aku balurkan minyak telon bayi Air Mancur ini pada saat Kenzo habis mandi.

Minyak telon bayi Air Mancur, kehangatan untuk yang tercinta πŸ™‚

happy wife, happy mommy, happy blogger :)

26 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *