Parenting

Dampak Persalinan Caesar pada Imunitas Anak

Hai, apa kabarnya?

Bagaimana New Normal kalian? semoga tetap happy ya menjalaninya, tetap mentaati protokol kesehatan. Semoga terus sehat dan semoga pandemik Covid19 ini lekas enyah dari muka bumi.

Beberapa waktu belakangan ini aku lagi rajin ikut webminar, terutama webminar dengan tema parenting.

Salah satu webminar yang menarik adalah yang diadakan oleh Nutri Club.

Kenapa menarik? karena selain memperluas wawasan, aku juga mendapatkan ilmu berfaedah sebagai seorang ibu yang melahirkan melalui persalinan Caesar.

Oke, aku ceritakan ya isi dari webminar Nutri Club ini.

Persalinan Caesar atau bahasa kerennya Caesarean Section adalah melahirkan janin melalui insisi pada dinding perut (Laparotomi) dan dinding uterus (Histerotomi). Persalinan Caesar ini adalah prosedur pembedahan mayor yang paling sering dilakukan. Namun perlu diingat ya moms, apapun proses persalinannya moms harus paham bahwa ini semua dilakukan atas dasar indikasi medis dan tentunya demi keselamatan si ibu dan anak!

source: Google

Kembali ke topik, Persalinan Caesar ini bisa dibedakan menjadi 2 bagian yaitu: persalinan Caesar terjadwal dan persalinan Caesar tidak terencana. Terdapat beragam kelebihan dan kekurangannya seperti:

A. Persalinan Caesar terjadwal,ย  memiliki kelebihan diantaranya:
– Pembiusan yang optimal pada waktunya.
– Mendapatkan asisten dan staf perawat yang terbaik

Sedangkan kekurangannya adalah:
Cervix belum berdilatasi dan dapat terjadi drainase lokia yang buruk.
– SBU belum terbentuk, sehingga insisi uterus di bagian bawah dari segmen atas.

B. Nah, untuk persalinan Caesar tidak terencana ternyata juga memiliki kelebihan, diantaranya:
– Bayi dalam kondisi cukup bulan untuk dilahirkan.
– Cervix sudah terbuka sehingga drainase lokia dalam kondisi lebih baik.
– SBU telah terbentuk dengan baik.

Untuk kekurangannya, persalinan Caesar tidak terencana memiliki kekurangan seperti:
– Pasien mungkin dalam keadaan perut yang penuh dan ahli bedah dalam keadaan sebaliknya.
– Dokter anestesi, perawat dan asisten bisa jadi bukan yang diharapkan.
– Solusi mendadak menyebabkan persalinan Caesar tidak terencana ini terjadi pada waktu (jam kerja) yang ganjil.

Lalu kenapa harus dilaksanakan persalinan Caesar?

Indikasi dilakukannya Caesarean Section biasanya karena:
– Persalinan tidak maju
– Bayi mengalami distress
– Posisi bayi yang tidak sesuai
– Kembar atau triplet
– Kelainan letak plasenta
– Prolaps tali pusat
– Masalah kesehatan
– Hambatan jalan lahir
– Riwayat persalinan Caesar yang dilakukan sebelumnya.

Persalinan Caesar memiliki risiko baik risiko pada ibu maupun risiko pada bayinya. Faktor risiko Caesar pada ibu meliputi:
– Infeksi.
– Pendarahan pasca persalinan.
– Reaksi anestesi
– Pembekuan darah
– Luka sayatan operasi
– Cedera operasi
– Peningkatan risiko pada kehamilan berikutnya.

Sedangkan faktor risiko Caesar pada bayi sebagai berikut:
– Pernafasan bayi
– Cedera operasi

Selain dua risiko tersebut, persalinan Caesar juga mempengaruhi imunitas anak lho.

Kenapa begitu?

Karena jalur lahir dapat mempengaruhi kolonisasi bakteri dan mikrobiota saluran cerna yang penting untuk perkembangan imunitas anak.

Menurut penjelasan Dr.dr. Ali Sungkar, SpOG(K), metode persalinan dapat menentukan jenis mikrobiota yang nantinya akan menghuni usus anak. Anak yang lahir melalui persalinan normal (Pervaginam) akan dikolonisasi oleh bakteri normal dari vagina dan feses ibu, termasuk Lactobacillus dan Bifidobacterium. Sedangkan anak yang lahir melalui persalinan Caesar, proses kolonisasi mikrobiotanya terpengaruh faktor eksternal sehingga terjadi ketidakseimbangan mikrobiota usus. Kolonisasi mikrobiota usus adalah hal penting dalam menjaga kesehatan bayi. Paparan pertama dengan komunitas mikrobiota maternal akan menentukan kematangan usus, perkembangan metabolik dan imunologi serta konsekuensi status kesehatan jangka pendek maupun jangka panjang.

Hal yang serupa juga diungkapkan oleh Prof.Dr. Moh. Juffrie SpA(k),PhD. Kelahiran merupakan titik yang menentukan sistem kekebalan tubuh di masa depan. Mikrobiota saluran cerna mengandung jutaan mikroba yang penting untuk mengembang sistem imunitas tubuh. Pada persalinan Caesar terjadi ketidakseimbangan mikrobiota dalam sistem gastrointestinal yang memicu resiko terjadinya gangguan imunitas.

Ada penelitianย  yang menunjukkan, anak yang lahir lewat persalinan Caesar butuh waktu enam bulan untuk mencapai mikrobiota usus yang serupa dengan anak yang lahir lewat persalinan normal sehingga anak kelahiran Caesar memiliki risiko lebih tinggi terhadap berbagai jenis penyakit

Dapat diambil kesimpulan bahwa anak yang lahir lewat persalinan Caesar mendapatkan bakteri baik lebih sedikit dibandingkan dengan anak yang dilahirkan dengan persalinan normal. Hal ini dapat berpotensi mengalami Disbiosis.

Disbiosis adalah ketidakseimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat didalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan terganggunya sistem imunitas tubuh. Jika sistem imunitas tubuh terganggu tentu saja berdampak pada kesehatan anak, misalkan meningkatkan risiko alergi, gangguan metabolik bahkan dapat menyebabkan autoimun.

Nah untuk meningkatkan imunitas, anak yang lahir melalui persalinan Caesar harus diberikan ASI eksklusif. Karena ASI mengandung lebih dari 200 spesies mikroorganisme probiotik dan human milk oligosaccharides atau yang biasa dikenal dengan prebiotik. Probiotik dan prebiotik bekerja sinergis dan memberikan efek sinbiotik yang dapat membantu mempercepat kolonisasi dan meningkat jumlah bakteri baik.

Selain wawasan dari dr. Ali Sungkar dan Prof. Juffrie, pada webminar ini aku juga mendapatkan insight dari mbak Cynthia Lamusu yang memiliki pengalaman melahirkan secara Caesar untuk anak kembarnya. Menurut mbak Cynthia, persiapan matang diperlukan sebelum persalinan Caesar seperti cek risiko untuk maksimalkan tumbuh kembang anak dan pentingnya dukungan dari suami dan orang tua serta pihak rumah sakit. Ada baiknya juga untuk melakukan Tes Potensi Caesar untuk menambah pengetahuan.

Tuh, berfaedah sekali kan ilmu yang aku dapat dari webminar Nutri Club ini. Untuk informasi lain yang berhubungan dengan nutrisi anak, imunitas dan alergi pada si kecil, kita bisa kepoin website Nutri Club atau bisa juga lihat di akun Instagram @nutriclub_id.

happy wife, happy mommy, happy blogger :)

32 Comments

  • Dessy Achieriny

    Jadi banyak ilmu masuk mengenai hal ini, Alhamdulilah aku dua kali lahiran normal semua. Apalagi jika terkait info nutrisi anak, imunitas dan alergi pada si kecil, ikutan melipir ke website Nutri Club deh

  • Erin

    Betul mba, bermanfaat sekali. Walau belum mengalami melahirkan secara caesar tapi ini info penting sekali. Apa pun cara melahirkannya selalu ada resiko ya, Mba.

  • Okti Li

    Waktu mau melahirkan Fahmi, posisi janin sungsang. Saya dirujuk untuk melahirkan secara operasi. Tim dokter udah kasih tahu, kalau operasi bakal ada resikonya. Saya pasrah. Eh ternyata ada keajaiban. Dokter anak di RSUD Cianjur malah menyarankan lahiran normal saja. Soalnya meski sungsang, janin kecil. Asal saya semangat dan sabar. Saya lagi lagi pasrah. Eh akhirnya Alhamdulillah melahirkan dengan normal.
    Kalau saat itu melahirkan dengan operasi, pasti kedepannya saat melahirkan lagi beresiko ya

  • Keke Naima

    Jadi ingat saat saya melahirkan caesar ada yang komen seolah-olah ambil mudahnya aja untuk melahirkan. Padahal saya SC karena alasan medis. Dan tentunya anak yang dilahirkan sc pun harus mendapatkan perhatian seperti ini. Untungnya wkatu itu dokter udah kasih tau

  • Nadella

    Saya baru tahu kalau persalinan caecar mempunyai risiko seperti itu mbak, terima kasih sudah berbagi. Jika karena alasan medis tidak memungkinkan untuk pervagina, maka memanglah ASI banyak banyak manfaatnya ya mbak. Semoga ibu-ibu (dan juga ayah) banyak yang mengerti akan hal ini, dan saling mendukung untuk merawat si buah hati.

  • Dian Restu Agustina

    Memang persiapan matang diperlukan sebelum persalinan Caesar seperti cek risiko untuk maksimalkan tumbuh kembang anak dan pentingnya dukungan dari suami dan orang tua serta pihak rumah sakit sehingga persalinan akan berjalan lancar

  • Nia Haryanto

    Wah, pengetahuan baru nih. Anak yang lahir caesar ternyata mikrobiota salura cernanya tidak sebagus anak yang lahir normal. Pantesan ya, anak yang lahir caesar ini kudu bener-bener diawasi makanan dan minumannya saat mereka masih bayi. Ini toh alasannya. Kudu tahu nih para ortu yang hendak melahirkan secara caesar.

  • elva s

    Di daerah ibuku, kebanyakan melahirkan secara normal dan dibantu dengan bidan desa serta dukun beranak.
    Tapi ada juga yang melahirkan secara caesar, tapi mesti ke kota karena di desa belum lengkap perlengkapan bersalin nya.

    Dan penting juga sih, pengetahuan seputar pengetahuan tentang persalinan caesar serta nutrisi yang tepat tuk bayi

  • Diah Alsa

    waah, ternyata jalan lahir itu juga menentukan tingkat imunitas anak ya Mbak, makasih infonya ya ๐Ÿ™‚
    tapi apapun cara lahirnya itu yg terbaik bagi ibu dan juga si bayi ๐Ÿ™‚

  • Silvie

    Aku jg persalinan caesar mba dua duanya aku baru tau loh kalau caesar punya dampak ke imun tubuh anak

    Mungkin masih bisa diperbaiki lewat asupan makanan dan pola hidup sehat ya zupaya imunnya kuat

  • Meriska Putri

    Pantesan, sempet lihat ada selebgram yang emang harus lahiran sesar karena anak sebelumnya juga lewat operasi dan jaraknya dekat tapi dokternya mau operasi kalau udah ada kontraksi. Ternyata emang kalau operasi gak terencana punya keuntungan bayi udah siap dan drainase lokia juga.

  • Mei Daema

    baca ini saya jadi ngilu banget ya Allah, perjuangan seorang ibu, ternyata banyak juga ya dampaknya dari persalinan caesar itu termasuk ke babynya juga ya, saya jadi belajar banyak jadinya untuk selalu menjaga soal kehamilan.

  • Damar Aisyah

    Saya dua kali caesar dan sempat khawatir dengan tumbuh kembang anak-anak, khususnya masalah kesehatan. Jaman dulu bidan bilangnya karena bayi gak lahir dari jalannya jadi gak sehat. Tapi syukur alhamdulillah sampai hari ini tumbuh kembangnya normal dan sangat jarang sakit. Bener sih, saya ngejar banget di ASIX dan masa-masa MPASI. Pokok 5 tahun pertama anak saya perhatikan betul setiap milestone-nya.

  • Ludyah Annisah

    Btw, baca ini jadi berasa flashback waktu lahiran dulu, hehe. Beneran lho mba, aku baru tahu banget nih kalau ternyata melahirkan secara SC ini punya dampak terhadap imunitas anak. Hhmm, jadi pengen tahu lebih dalam, buat jaga2 hamil anak ke 2 nanti hahah

  • Sarieffe

    Dulu aku juga SC mba, dan anak keduaku sempet agak sulit bernafas saat menyusui setelah beberapa hari dilahirkan. Gak tau apakah ini ada hubungannya, tapi emang persalinan normal itu menurutku lebih baik daripada SC selama ibu dan anak dalam kondisi baik..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *