Parenting

Gerakan Tutup Mulut Pada Balita, Solusinya Apa Ya ???

Selain nge-fans sama tantrum, Kenzo juga nge-fans sama GTM nih O:)

Sebagai emak-emak, GTM ini bikin aku patah hati deh ngalahin patah hati ditinggal pada saat lagi sayang-sayangnya 🙁

GTM adalah singkatan dari Gerakan Tutup Mulut alias mogok makan. Kenzo mulai GTM itu pada saat sudah MPASI. Aku stress banget kalau Kenzo kumat GTM nya. Karena pernah sampai dehidrasi dong dan akhirnya di opname di rumah sakit.

Aku percaya hukum sebab akibat. Jadi kupikir GTM ini pasti ada penyebabnya dan aku harus kepo sana sini supaya tau apa penyebab GTM nya Kenzo.

Akhirnya setelah berkali-kali (bahkan kadang sampai sekarang) Kenzo kumat GTM nya, aku bisa bikin kesimpulan penyebab nya, yaitu:

  • Ada sesuatu di mulut nya yang bikin Kenzo ngga nyaman pada saat makan. Aku sih mikir simple, kalau aku misal sariawan atau sakit gigi kan aku jadi malas makan. Begitu juga dengan Kenzo, barang kali dia sariawan atau malah sakit gigi jadi nya mogok makan.
  • Bosan. Bisa karena bosan dengan menu makanan nya, bisa juga bosan dengan suasana makan.
  •  Ngga enak badan, misalnya Kenzo lagi pilek atau batuk. Sudah pasti perjuangan banget suapin dia makan.
  • Trauma. Ini sebenernya paling jarang terdeteksi tapi bukan berarti ngga pernah. Kenzo trauma lihat makanan warna merah (kecuali buah) karena dia pikirnya makanan itu pasti pedas.
  • Ngga fokus, ini lumayan sering apalagi kalau makan di tempat umum macam di tempat wisata gitu.

Apa yang aku lakukan kalau Kenzo kumat GTM nya ?

Begitu tahu penyebab GTM nya Kenzo, aku jadi tahu gimana cara mengantisipasi itu terutama mengantisipasi ke-stress-an aku sebagai emaknya hehehe

  • Aku periksain mulutnya Kenzo, barangkali ada sariawan atau gusi bengkak atau gigi bolong. Kalau emang ada ya aku bawa ke dentist anak.
  • Kenzo bukan termasuk picky eater, tapi siapa sih yang ngga bosan sama kalau menu makanan itu-itu aja??? jadi sebisa mungkin aku ganti menu makanan nya dia tiap hari. Kalau dia bosan dengan suasana makan, aku kasih aja dia nonton Youtube di HP.  Sebenarnya ngga bagus kalau diakalin pakai HP, terpaksa  kulakukan dan itu juga ngga sering dan durasi nya ngga lama. Kalau masih bosan juga??? aku ajak ke mall hahaha selain bisa cari menu makanan yang jarang ada di rumah, emaknya juga bisa refreshing sejenak.
  • Kalau Kenzo kumat GTM nya karena batuk atau pilek aku bisa maklumin yekhaaan jadi aku kasih menu makanan nya macam sop-sop an yang kudu hangat di setiap jam makan.
  • Karena aku tau Kenzo trauma sama makanan yang warna nya merah (kecuali buah) jadi aku ngga pernah kasih lihat makanan itu depan dia, yang ada jadi malas makan karena dipikir nya menu makanan dia ada unsur pedas nya. Misal: Aku tutup makanan yang ada unsur warna merah pakai tudung saji pada saat Kenzo lagi makan.
  • Naaah Kenzo sering nih kumat GTM nya kalau ngga fokus, misal di rumah pada saat makan dia lihat kakak-kakak nya makan coklat atau minum Chatime. Solusi nya?? tentu aja jitakin kakak-kakak nya atau suruh mereka yang suapin Kenzo. Kalau ngga fokus nya di tempat wisata, solusiku sih cuma kasih snack dan bungkusin makanan nya, supaya di rumah bisa aku jejelin sampai habis hahahaha *emak-emak kejam

Tapi selain semua solusi diatas, aku punya makanan jagoan yang sudah pasti cocok sama Kenzo:

Frech fries

 

Cheesecake

Iyeeess, french fries dan cheese cake ini jadi makanan andalanku kalau Kenzo lagi kumat GTM nya. Daripada aku gundah gulana, jadi aku ajak aja Kenzo beli french fries atau cheese cake. Pada saat beli bisa sambil jalan-jalan dan sudah pasti Kenzo mau makan hehehe

Monmaap kalau solusiku sesat yes. Menurutku bagus sih kalau baca liceracur literatur tentang GTM yang banyak di internet, tapi balik lagi ke kondisi si anak dan nyaman nya aku sebagai emaknya buat handle kondisi itu. Pernah aku baca tips untuk mengatasi GTM pada anak salah satu nya adalah mengenalkan anak pada rasa lapar, pada saat aku praktekan ke Kenzo hampir setengah hari dia ngga minta makan alias ngga lapar >:<

Begitulaaah buibuk pengalamanku tentang GTM yang di alamin Kenzo…

Sharing dong pengalaman anaknya kalau lagi GTM di komen, barangkali bisa jadi ilmu baru buat aku 😀

 

26 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *