My Thoughts

GLINTS, Portal Lowongan Kerja untuk Karir Impian

Jaman sekarang cari pekerjaan itu susah. Banyaknya pencari kerja tidak sebanding dengan lowongan pekerjaan yang tersedia. Tidak hanya lulusan SMA saja yang susah mencari pekerjaan, banyak lulusan sarjana pun yang masih jadi pengangguran atau bekerja tidak sesuai dengan pendidikan yang ditempuh.  Aku sering menemukan lulusan sarjana banyak yang menjadi supir taxi atau ojek online. Bukan berarti aku meremehkan profesi tersebut, tapi menurut pendapatku seorang lulusan sarjana seharusnya mendapat pekerjaan yang lebih baik dari kedua profesi tersebut.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) melalui sensus ekonomi 2016, jumlah perusahaan di Indonesia mencapai 26,7juta . Angka yang meningkat dibanding hasil sensus 2006 yang menyebutkan terdapat 22,7 juta perusahaan. Artinya dalam 10 tahun terakhir terdapat sekitar 4 juta perusahaan baru.  Jika dihitung lebih rinci maka setiap tahun ada 400 ribu perusahaan baru. Ironisnya berdasarkan data yang dilaporkan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) angka pengangguran lulusan sarjana di Indonesia berjumlah diatas 600 ribu orang. Ternyata masalah itu disebabkan oleh standar perekrutan yang ditetapkan oleh setiap perusahaan, sementara tidak semua lulusan sarjana memiliki kualitas yang dibutuhkan didunia kerja.

source- Google

Berikut ini ada beberapa tips agar lebih mudah mendapatkan pekerjaan, terdiri dari tips sebelum melamar pekerjaan dan cara mudah mencari lowongan pekerjaan.

Tips Sebelum Melamar Pekerjaan:

  1. Buatlah curriculum vitae (CV) yang menarik
  • Gunakan foto diri yang rapih atau foto formal dengan pose yang tidak menyeleneh maksimal tiga bulan terakhir
  • Cantumkan email resmi yang mengandung nama lengkap, bukan email alay semisal f41s4L@gmail.com  atau irenaimoetsekaly@gmail.com
  • Tuliskan semua keahlian yang terkait dengan lowongan pekerjaan dengan padat dan jelas.
  • CV sebaiknya tidak lebih dari dua halaman, tidak perlu menjabarkan semua pengalaman pekerjaan, terutama bagi yang sering berpindah kerja.
  • Jika memiliki teman yang berprofesi sebagai HRD, ada baiknya dimintakan pendapat jujur tentang CV kita.
  1. Buatlah surat lamaran pekerjaan dengan format yang tepat:
  • Tempat dan tanggal penulisan
  • Perusahaan yang ditujukan
  • Salam pembuka
  • Isi lamaran tentang posisi lowongan pekerjaan, biodata singkat, dan dokumen-dokumen yang dilampirkan
  • Salam penutup
  1. Bersihkan” social media dari postingan yang tidak layak seperti postingan berbau SARA dan pornografi. Karena di era digital ini, banyak HRD yang mencari tahu tentang kandidat pegawai melalui social media
  2. Siapkan mental untuk wawancara pekerjaan dan tes psikologi
  • Siapkan jawaban untuk pertanyaan umum yang sering ditanyakan pewawancara kerja “ceritakan tentang diri anda”. Jawablah dengan percaya diri (tapi jangan sombong) dan tanpa ragu-ragu tentang kelebihan dan sedikit kekurangan kita.
  • Cari tahu tentang tes psikologi dan pelajari dengan seksama.

Cara Mudah Mencari Lowongan Pekerjaan

  1. Perluas relasi atau jaringan pertemanan.

Aku pribadi sering lihat teman-temanku memberikan info lowongan pekerjaan lewat group whatsapp, yang akan ku teruskan ke group whatsapp yang lain.

  1. Meminta bantuan Headhunter

Headhunter adalah mediator antara pencari kerja dengan perusahaan yang membuka peluang kerja. Headhunter ini akan mendapatkan komisi dari perusahaan apabila berhasil memberikan karyawan yang dibutuhkan. Berdasarkan pengalaman pribadiku, headhunter ini sangat membantu dalam menginfokan lowongan pekerjaan dan membantu mengirimkan CV kita ke perusahaan yang membutuhkan. Biasanya headhunter ini mencari kandidat karyawan lewat salah satu social media professional seperti Linkedin.

  1. Datang ke event

Di event Jobfair banyak tersedia peluang pekerjaan. Selain bisa melamar on the spot, pelamar juga bisa melakukan wawancara langsung.

  1. Melalui GLINTS.

Ini nih cara paling mudah mencari lowongan pekerjaan. Glints adalah sebuah portal yang berisi lowongan kerja terbaru khususnya untuk fresh graduate. Cara pendaftarannya mudah, bisa menggunakan email bahkan bisa menggunakan Facebook dan pendaftarannya tidak dipungut biaya.

Glints – Portal Lowongan Kerja

Sesudah mendaftar, jangan lupa verifikasi email dan lengkapi profile kita. Kemudian kita bisa berselancar untuk mencari pekerjaan yang sesuai minat dan kemampuan.

Nah sekarang aku ceritakan lebih jelas lagi tentang GLINTS ya.

GLINTS adalah platform lowongan kerja yang berasal dari Singapura. Didirikan oleh tiga orang pemuda berusia 22 tahun yang terdiri dari Oswald Leo, Looi Qin En dan Oliver Yiu, GLINTS memiliki tujuan untuk membantu para pemuda yang sedang mencari pekerjaan. Tidak sekedar menjodohkan para pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan, GLINTS juga bertujuan untuk mengembangkan keahlian dan pengalaman para pelamar demi mendapatkan pekerjaan impian.

GLINTS ini unik karena selain lowongan kerja, juga menyediakan informasi magang, kerja paruh waktu, dan pelatihan untuk pengguna yang masih berstatus pelajar lho. Selain itu, GLINTS juga menyediakan fitur Live Career Consultation, yaitu fitur untuk berkonsultasi seputar karir secara langsung dengan in-house consultant. Ada juga fitur GLINTS Discovery, yang menurutku semacam forum untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman seputar karir.

Dan yang lebih keren lagi nih, ada bonus hingga Rp.5.000.000,- buat yang merekomendasikan teman ke GLINTS.

Glints – Portal Lowongan Kerja

Mendapatkan kesempatan kerja, bisa ajak teman untuk dapat pekerjaan dan bisa dapat bonus besar juga ya cuma ada di GLINTS dong. Tunggu apalagi sih, daftar GLINTS segera yuuukk….

happy wife, happy mommy, happy blogger :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *