My Thoughts

Ibu Jaman Now

Seorang ibu adalah sosok yang mulia… itu pasti, karena telah mengandung dan melahirkan umat manusia dengan bertaruh nyawa.

Surga di bawah telapak kaki ibu… iya jelas aku percaya. Bahkan Rasulullah SAW menyebutkan bahwa kedudukan seorang ibu 3x lebih tinggi daripada seorang ayah.

source: Google

Sebelum aku lanjutin cerita, aku mau mengucapkan untuk semua ibu, mama, mami, mimi, bunda, ummi, emak, dan sebagai nya….

 

Seiring perkembangan jaman, makin berkembang pula polah perilaku seorang ibu. Aku sebagai emak-emak stone age lumayan terkezoed juga melihat kelakuan new age mom alias  mama muda jaman now 😀

By the way, cerita ini aku tulis berdasarkan analisa sotoyku loooh, yang aku lihat di social media atau rumpian di group whatsapp emak-emak. Jadi please don’t take it serious alias ojo BAPER ( ˘ з˘ )

Oke, aku mulai jembrengin analisa sotoyku yes…

Ibu Sempurna

Yang masuk kriteria ini biasanya ibu-ibu yang berparas cantik dan fashionable. Anak yang menggemaskan dan sehat terawat. Suami yang kaya raya entah yang punya jabatan tinggi atau pengusaha (yang suaminya kelihatan jobless tetep masuk kriteria loh selama “kelihatan tajir”). plus bonus suaminya tampan rupawan. Ibu-ibu ini juga punya karir atau bisnis yang bagus dengan omzet puluhan bahkan ratusan juta. Belum lagi sering liburan keluarga ke luar nagrek negeri atau arisan bareng ibu-ibu sempurna lain nya. Wuiiiih pokonya SIRIK-able daaahh… yang sudah-sudah sih modelan begini jadi selebgram dengan follower yang selalu komen penuh puja puji menembus lajuardi terus endorse-an nya mahal tapi laris manis (∩_∩)

Ibu Euphoria Baby

Biasanya yang begini ibu-ibu yang baru punya anak satu, atau jarak kelahiran anak-anaknya berjauhan <<< AKU TERMASUK IBU MACAM INI karena jarak anak-anak gadis dengan si bungsu belasan tahun. Modelan ibu-ibu begini hampir tiap saat posting tentang baby nya, literally semua yang berkaitan dengan baby nya. Mulai dari gaya lahiran yang gentle birth lah, water birth, lotus birth, dan birth-birth lain nya . Yang paling sering di posting sih biasanya milestones baby nya, misal baby first smile, baby baru bisa duduk, baby merangkak, baby first step, bahkan baby nya lagi poop juga di posting. Sering juga posting masakan MPASI atau pada saat saat baby nya lagi makan. Baby nyanyik dan jejogedan tentu nya ngga boleh terlewat untuk di posting.

Ibu Kebanyakan Teori

Di jaman sekarang ilmu parenting itu bertebaran entah berbentuk seminar, kulwap alias kuliah whatssapp bahkan artikel yang barbasis parenting itu banyak banget di internet. Aku sebagai emak-emak peralihan dari stone age ke new age mom ini lumayan bingung juga dengan fenomena ini misalnya tentang Baby Led Parenting. Yang aku perhatikan new age mom ini kebanyakan kelolodan literatur parenting tanpa melihat kondisi si anak. Sedihnya lagi, kebanyakan new age mom ini lebih percaya teori parenting dari artis atau selebgram ketimbang psikolog anak atau pediatric.

Ibu Puitis

Ibu-ibu modelan ini biasanya suka posting dengan caption yang puitis. Kadang caption nya juga ngga nyambung dengan gambar yang di posting. Misal nya nih posting selfie bangun tidur bareng anaknya dengan muka lecek dan rambut akut-awutan yang caption nya: “lihatlah diriku, sebuah kata yang makna nya samar-samar dan membingungkan” <<< aku juga bingung looh liat mbak nya posting begitu…

Ibu Halusional

Ibu-ibu modelan gini biasanya suka lebay sama kondisi dan perkembangan anaknya. Misalnya nih posting anaknya yang berkulit coklat tapi caption nya “aaaww gemesh amat siiih sama bayi bule ku” atau posting anak nya yang biasa aja dengan caption “duh anak bunda yang cantiknya dunia akhirat, jangan cepet gede dooong”…. ya ngga papah banget kalau memuji anak sendiri, tapi menurutku sih kasihan anak nya kalau berat di caption 😀  Aku sih lebih bangga kalau orang lain yang bilang anakku cantik, ganteng, lucu, gemash atau pintar. Ada lagi yang halu akut misalnya anak masih babbling tapi dibilang sudah bisa jadi news anchor 

Ibu Baperan dan Kompetitif

Aku paling sebel nih sama ibu-ibu modelan begini. Karena baper dan kompetitif (yang negatif) itu menular dan merusak. Setiap kondisi kita sebagai seorang ibu itu berbeda begitu pula dengan perkembangan anak. Gue paling eneg kalau sudah pamer ASI yang melimpah ruah sampai satu pabrik (sudah bukan freezer lagi) atau baper membandingkan perkembangan anaknya dengan anak lain biasanya suka komen di IG anak artis “iihhh xxx pinter amat siiih, anak ku aja belum bisa kaya gitu looh” menurut gue itu baper sekaligus caper sih.

Ibu Narsis

Yang aku maksud narsis disini bukan NPD ya. Biasanya modelan ibu-ibu begini suka posting foto sendirian entah selfie entah di foto in orang lain. Jarang banget dia posting foto bareng anak atau suaminya. Padahal bukan artis atau selebgram juga.

Ibu Kontroversi

Modelan ibu-ibu begini yang senggol bacok. Kalau ada yang tidak sesuai dengan prinsip nya sebagai seorang ibu pasti langsung ngebacot entah di account social media nya atau komen di account lain. Misalnya tentang ASI vs susu formula, tentang working mom vs full time mom, tentang baby led weaning vs traditional weaning, bahkan tentang direct breastfeeding vs exclusive pumping

Ibu Relijius dan Suka Dakwah

Naaah aku paling demen dah sama ibu-ibu modelan begini. Berasa punya emak online yekhaaann… biasanya mereka ini suka berdo’a di social media eh maksudku suka posting berbasis do’a dan tausiyah di social media dengan caption “hanya mengingatkan” atau “self reminder” atau bahkan caption yang mencantum kan ayat-ayat kitab suci pokoknya bikin adem hati dan otak deh pada saat lihat posting nya, i laaayykkk ƪ(♥ε♥)ʃ

Seperti ituuuuuhhhhh analisa sotoyku tentang tipe ibu-ibu jaman now, tapi meskipun begitu seru banget sih lihat kelakuan mereka …

Mungkin ada yang mau nambahin ?? please share di komen ya☺

happy wife, happy mommy, happy blogger :)

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *