My Thoughts,  Travel

Lakukan Persiapan Ini Untuk Liburan Berkesan

Siapa sih yang nggak suka liburan? apalagi kalau liburan ke luar negeri atau ke tempat-tempat yang mewah, aku sih sudah pasti bakalan pamerkan upload foto-fotonya ke sosial media atau bahkan aku akan tulis artikelnya di blog ini hehehe…

Sebelum bahas liburan ke luar negeri, ada baiknya kita mengunjungi dulu daerah wisata di tanah air tercinta Indonesia. Selain tempat wisata yang mewah, Indonesia terkenal memiliki tempat wisata yang unik yang tidak ada di negara lain. Sebut saja:

1. Kepulauan Derawan.

Derawan-Google

Kepulauan Derawan yang terletak di Kalimantan Timur ini sungguh memukau kondisi alamnya. Banyak lokasi wisata unik yang bisa dikunjungi disana salah satunya Danau Kakaban. Danau Kakaban adalah danau air tawar yang berlokasi di Pulau Kakaban salah satu gugusan pulau di Derawan. Kita bisa berenang bersama ribuan ubur-ubur yang tidak beracun dan jinak disana.

Danau Kakaban-Google

2. Gunung Kelimutu.

Gunung Kelimutu-Google

Gunung Kelimutu yang terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur ini unik karena memiliki tiga buah danau kawah yang bisa berubah warna di puncaknya.

3. Tana Toraja.

Tana Toraja yang terletak di Sulawesi Selatan ini memiliki banyak keunikan, diantaranya adalah rumah adat Tongkonan dan kuburan batu, serta jangan lupa untuk mengunjungi Batutumonga atau yang lebih dikenal “Negeri Diatas Awan”

Tongkonan Tana Toraja-Google

 

Kuburan Batu Tana Toraja-Google

 

Batutumonga Tana Toraja- Google

4. Kawah Ijen.

Kawah Ijen-Google

Kawah yang terletak di Gunung Ijen, Bondowoso Jawa Timur ini memiliki keunikan yang luar biasa yaitu mengeluarkan api yang berwarna biru setiap dini hari atau disebut juga dengan Blue Fire. Fenomona Blue Fire ini cuma ada dua di dunia, salah satunya di Kawah Ijen.

5. Labuan Bajo

Komodo, hewan yang merupakan salah satu keajaiban dunia ini habitatnya ada di Pulau Komodo. Pulau Komodo ini adalah salah satu pulau yang berada di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Selain itu, Labuan Bajo juga memilik Pink Beach, pantai yang pasirnya berwarna pink yang cantik sekali.

Pulau Komodo-Google

 

Pink Beach-Google

Nah sebelum liburan ke tempat-tempat wisata yang menakjubkan ini sebaiknya kita melakukan persiapan dulu seperti beberapa hal berikut ini:

 ITINERARY

Menurutku membuat itinerary atau rencana perjalanan setelah menentukan destinasi wisata penting dilakukan, agar mempermudah kegiatan liburan kita. Kalaupun ada beberapa rencana yang melenceng, setidaknya kita sudah ada persiapan. Biasanya aku buat itinerary liburan menggunakan excel, berisi dari tempat wisata, jadwal berkunjung ke tempat wisata dan harga tiket masuknya, hotel tempat menginap, transportasi, daftar tempat makan yang ingin disinggahi.

Daftar barang bawaan

Buatlah daftar barang bawaan sesuai dengan destinasi wisata. Siapkan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, misalkan sunblock, topi lebar, dan baju renang apabila destinasi wisata ke pantai atau bawa jaket tebal jika destinasi wisata ke daerah yang cuacanya dingin. Masukan obat-obatan pribadi juga dimasukan ke dalam daftar barang bawaan. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen liburan, sosial media kita perlu update pastinya hahaha…

Tas Kecil

Selain koper atau travel bag, siapkan tas kecil untuk menyimpan dompet, handphone, serta dokumen penting seperti paspor, bukti pembayaran, dan sebagainya.

Daftar Belanja

Yaah sebagai seorang perempuan rasanya hampa kalau liburan nggak ada kegiatan belanja hehehe…setidaknya beli sedikit oleh-oleh untuk dibawa pulang, entah untuk kenang-kenangan atau untuk diberikan ke sanak keluarga. Biasanya oleh-oleh yang aku beli berupa barang khas suatu daerah.

Daftar peraturan yang berlaku di destinasi wisata

Bagaimanapun juga suatu destinasi wisata tetap memiliki peraturan. Biasanya setelah menentukan destinasi wisata aku browsing tentang peraturan yang ada misalkan jam operasional termasuk larangan yang diberlakukan pada destinasi wisata yang ingin aku kunjungi.

Uang tunai

Siapkan uang tunai yang cukup sampai dengan hari akhir liburan. Jika liburan ke luar negeri, sebaiknya satu minggu sebelumnya tukarkan uang ke dalam mata uang negara yang ingin dikunjungi.

 

Berkaitan dengan uang tunai berarti kita harus siapkan budget keuangan untuk liburan. Jangan sampai kita kekurangan uang saat sedang liburan. Apabila budget keuangan belum mencukupi sementara hasrat untuk liburan menggebu-gebu, maka ada baiknya untuk minta bantuan KTA Bank Panin.

KTA Bank Panin adalah produk pinjaman uang yang tidak memerlukan jaminan. Persyaratannya mudah dan prosesnya cepat, isi data di CekAja.com kemudian kirim berkas-berkas yang diperlukan melalui kurir. Kita hanya duduk manis sambil menunggu dana pinjamannya cair.

Yuk tunggu apalagi, segera tengok KTA Bank Panin di CekAja.com supaya kita bisa liburan secepatnya 🙂

 

 

 

 

 

happy wife, happy mommy, happy blogger :)

4 Comments

  • fauziah azzahra

    yang sering aku lupakan adalah mencari peraturan di tempat wisata yang akan dikunjungi. membaca tulisan ini membuat aku harus mencatatnya nih biar ga lupa. sama uang cash yang sering lupa.

  • Akarui Cha

    Aku kalau liburan suka suka jiwa aja nih urusan belanjanya. Tiba tiba tersadar pas packing buat pulang. Ribet sendiri tapi hati tetap senang karena biasanya aku belanja buat oleh-olehin keluarga di rumah.

  • Indri

    Cita-cita ke Labuan Bajo belum kesampean hingga sekarang soalnya tabungan belum cukup, maklum aku kan kalo pergi kudu paket ber4 mom, penawaran KTA nya begitu mudah ya gak perlu keluar rumah

  • Efa Butar butar

    Kalau aku lebih ke tim berangkat dadakan. Pernah beberapa kali rencanain, malah gagal. Yang dadakan malah berkesan walau biasanya berujung lets get lost gitu. Heheh. Tapi kalau bawa temen, biasaya prepare rencana sedetail mungkin. Dan untuk menghindari batal berangkat, biasanya diawal langsung aku beliin tiket. Biar ngga cancel. Hahahha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *