Beauty and Health,  My Thoughts

LoveCare, Layanan Perawat Profesional untuk Pasien Rumahan

Bapakku adalah penderita penyakit komplikasi yang mengharuskan beliau untuk keluar masuk rumah sakit untuk menjalani rawat inap. Pada saat dirawat inap, seringkali aku mendengar keluhan beliau yang beraneka macam. Salah satunya adalah beliau sering merasa nggak betah dengan situasi di rumah sakit. Seringkali pula beliau minta dirawat jalan saja alias menjalani perawatan dirumah.
Kendala bagi keluarga kami adalah kekurangan personil untuk merawat dan memantau kondisi kesehatan beliau selain ibuku, maklum aku hanya memiliki seorang adik yang kebetulan tinggal di luar kota mengikuti suaminya.

Aku sering kebingungan mencari orang yang mau merawat dan menjaga bapakku, karena terkadang ibuku juga berkegiatan misalnya ikut pengajian. Aku ingin mencari perawat yang profesional tapi nggak mau cari sembarangan macam dari yayasan penyalur yang seringnya abal-abal.

Beruntung aku mendapat kesempatan untuk hadir pada launching aplikasi LoveCare yang diadakan di adakan di Jakarta pada tanggal 30 Januari 2020 lalu.

launching aplikasi LoveCare di Jakarta

 

Launching aplikasi LOVECARE

LoveCare adalah layanan kesehatan berbasis online yang dibentuk pada tahun 2019 yang menjawab kebutuhan masyarakat akan jasa perawat profesional untuk pasien yang dirawat dirumah. Aplikasi LoveCare ini bisa di download di Playstore maupun Appstore.

aplikasi LOVECARE

Pakar kesehatan Ibu Prof.Dr.dr. Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, SpM yang turut menghadiri acara launching ini mengatakan bahwa ” Pasien yang menjalani perawatan karena penyakit kronis tentu mengalami berbagai kesulitan yang mempengaruhi semangat dan psikologis pasien maupun keluarga yang merawat. Biasanya pasien yang dirawat dirumah dengan tenaga medis profesional lebih merasa nyaman.

Ibu Veronica Tan sebagai President Commisioner LoveCare menjelaskan bahwa LoveCare adalah hasil kolaborasi antara hati, kesehatan dan teknologi. “Kami melihat minat dan pentingnya pelayanan berkualitas untuk pasien pasca perawatan rumah sakit. Homecare yang baik perlu integrasi dan kolaborasi antara perawat profesional, dokter penanggung jawab pasien dan teknologi. Setiap kondisi pasien harus tercatat dengan baik agar dapat dimonitor oleh dokter.

Layanan yang tersedia di aplikasi LoveCare meliputi Nurse Homecare, Nurse Visit dan Home Therapy.

Layanan Nurse Homecare adalah layanan utama dari aplikasi ini. Keluarga pasien bisa memilih durasi jasa, mulai dari harian, mingguan, dan bulanan baik perawat senior maupun perawat junior.

layanan LOVECARE

Layanan Nurse Visit adalah layanan perawat profesional yang datang hanya dalam sekali waktu.

Layanan LOVECARE

LoveCare juga menyediakan layanan Home Therapy semisal untuk melakukan fisioterapi.

Layanan LOVECARE

Sedangkan tindakan yang dilakukan oleh perawat profesional yang kita sewa melalui aplikasi LoveCare ini sebagai berikut…

Tindakan yang dilakukan oleh fisioterapis pun juga banyak macamnya, seperti ini nih…

Layanan Fisioterapis

LoveCare juga menyediakan layanan Caregiver yaitu seseorang yang memiliki profesi melayani orang tua atau pasien meliputi kegiatan sehari-hari.

layanan Caregiver

Semua tindakan keperawatan hanya dilakukan atas resep atau petunjuk dokter yang disetujui oleh keluarga pasien.

Dr. Venita Eng, MSc selaku Medical Director LoveCare memaparkan ” Setiap perawat di LoveCare merupakan perawat medis teregistrasi, menjalani perawatan khusus, dan telah melewati seleksi ketat baik secara psikologis maupun medis agar dapat melayani pasien secara komprehensif dan holistik”.

Setiap perawat yang tergabung dalam LoveCare harus melewati 4 tahap seleksi, yaitu
– Seleksi administrasi yang meliputi kelengkapan dokumen pribadi maupun dokumen akademis dan ketenagakerjaan.
– Psikotest yang memeriksa IQ dan EQ perawat tersebut
– Interview dengan Psikolog
– Interview dengan Dokter.

Menurut ibu Susan Nio selaku President Director dan CTO LoveCare, semua hal mulai dari proses pemesanan, pembayaran dan penjadwalan kunjungan perawat sampai laporan kesehatan pasien bersifat transparan dan terintegrasi serta dilakukan secara online. Dapat diakses kapanpun dan darimanapun.

LoveCare juga membuka kesempatan sebanyak-banyaknya bagi para perawat atau tenaga medis yang ingin bergabung dengan cara mendaftar secara online melalui https://lovecare.id/join-us

happy wife, happy mommy, happy blogger :)

34 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *