My Thoughts

Melihat Kemajuan Teknologi Karya Anak Bangsa di Semarak Festival IKMA 2019

Alhamdulillah, aku dapat kesempatan hadir di acara Semarak Festival IKMA 2019 yang bertempat di Balai Kartini, Jakarta.

Acara yang diselenggarakan pada tanggal 11-12 Desember 2019 oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Menengah dan Aneka (IKMA) merupakan salah satu langkah konkret Kemenperin untuk terus berupaya meningkatkan daya saing produk serta sumber daya manusia khususnya di sektor IKMA.

Kemenperin mencatat, Industri Kecil dan Menengah (IKM) merupakan sektor mayoritas dari populasi industri di Indonesia, yang selama ini berperan sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Jumlah IKM di Indonesia hingga kini telah melampaui 4,4 juta unit dan menyerap tenaga kerja lebih dari 10.1 juta orang.

“Acara ini merupakan persembahan kepada sektor IKMA yang telah bersungguh-sungguh meningkatkan daya saingnya melalui kompetisi, fasilitasi dan sertifikasi untuk bertransformasi menuju IKMA 4.0,” kata Dirjen IKMA Kemenperin, Ibu Gati Wibawaningsih di Jakarta.

Melalui acara Semarak Festival IKMA 2019, Kemenperin melalui Ditjen IKMA akan menyerahkan penghargaan baik kepada IKMA maupun yang mendukung kemajuan IKMA; kemudian menyerahkan beberapa fasilitasi terkait pengembangan produk dan juga penguatan SDM IKMA, serta adanya perjanjian kerja sama dengan beberapa pihak dalam rangka penguatan IKMA.

Rangkaian program acara Semarak Festival IKMA 2019 ini terdiri dari Pameran dan Penyerahan Penghargaan yang meliputi: Pameran Startup dan festival IKMA, Penghargaan Startup4Industry, dan Penghargaan Lomba Desain Indonesia Footwear Creative Competition. Selanjutnya, Pemberian Fasilitasi Restrukturisasi Mesin dan Peralatan serta Fasilitasi Sertifikasi Halal yang dilakukan secara simbolis.

Selanjutnya, ada pemberian fasilitasi pengembangan produk lainnya, seperti Bantuan Cetak Kemasan, Fasilitasi Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), Fasilitasi SNI baik Pakaian Bayi, Mainan Anak, Garam Konsumsi Beryodium dan Produk Elektronik termasuk Fasilitasi Sertifikasi Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP).

Kemudian, pemberian Fasilitasi Sertifikasi Good Manufacturing Practices (GMP), Fasilitasi Penerapan Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB), Fasilitasi Ijin Edar bagi IKM Kosmetik, Fasilitasi Merek, Hak Cipta dan desain industri, serta Fasilitasi Test Report Mesin TTG.



Termasuk dalam rangkaian acara, dilaksanakan Pengukuhan Asosiasi Printer Tiga Dimensi Indonesia, yang memiliki visi untuk membantu produk Indonesia agar dapat bersaing dan kompeten di dunia internasional.

Printer 3D – Festival IKMA 2019

 

Hasil printer 3D – Festival IKMA2019

Semarak Festival IKMA 2019 diharapkan dapat menjadi pemacu baik bagi IKMA maupun bagi pembina IKMA untuk dapat meningkatkan daya saingnya melalui kompetisi, fasilitasi dan sertifikasi untuk bertransformasi menuju IKMA 4.0. Selain itu, pada kesempatan ini juga akan dilaksanakan seminar Startup Tech Provider 4 Industry,” papar ibu Gati.

Terkait dengan seminar Startup Tech Provider 4 Industry, aku terkagum-kagum oleh teknologi hasil karya anak bangsa selain printer 3D yang ternyata harga jualnya mulai dari Rp.3 juta. Beberapa teknologi karya anak bangsa yang membanggakan adalah Tempeniza dan Sahajunyu.

Tempeniza adalah adalah sekelompok mesin yang berfungsi untuk membuat tempe secara higienis.


Sedangkan Sahajunyu adalah mesin penggoreng keripik tempe.

Sebagai penutup acara, dilaksanakan talkshow dengan tema “Transformasi IKMA 4.0” yang akan banyak membahas mengenai beberapa isu yaitu bagaimana situasi revolusi industri keempat selama ini, hasil penerapan Indonesia Industry 4.0 Readiness Index di Sektor Aneka, hasil pemetaan menuju implementasi Making Indonesia 4.0 di Sektor IKMA, serta tentang teknologi pendukung revolusi industri keempat.

Dengan adanya program “Transformasi menuju IKMA 4.0”, diharapkan Indonesia semakin siap menghadapi era revolusi industri 4.0 dengan meningkatkan daya saingnya melalui kompetisi, fasilitasi dan sertifikasi untuk dapat mencapai tujuan tersebut.

 

 

happy wife, happy mommy, happy blogger :)

13 Comments

  • Haeriah Syamsuddin

    Perlu acara seperti ini sering-sering diadakan, selain sebagai ajang memamerkan kemajuan yang telah dicapai juga bisa menjadi penyemangat bagi yang lain. Apalagi, kemajuan demi kemajuan terus melaju kalau tidak tanggap bisa ketinggalan zaman.

  • Asih

    Festival IKMA bisa jadi ajang IKM untuk terus maju dan berkembang. IKM membutuhkan banyak dukungan supaya bisa bersaing juga sehingga produknya semakin berdaya jual tinggi. Nantinya bisa go publik. Hal ini juga bisa bikin semangat untuk IKM muda yang baru memulai usaha atau merencanakan usaha. Maju terus usaha anak bangsa.

  • Mega Marlina

    Wih … Bagus banget acara semacam ini untuk melihat geliat induatri kecil dan menengah di tanah air. Semoga ada kelanjutan dan konsistensi dari pemerintah untuk mensupport karya anak bangsa bsaing di kancah perdagangan internasional.

    • Priyani Kurniasari

      Wah..kalau lihat alat-alat permesinan gini aku langsung berbinar. Mesin printer 3D, mesin tempe dan penggorengannya bikin aku mupeng. Kreatif juga ya anak Indonesia, bisa menciptakan mesin yang sangat bermanfaat

  • Dawiah

    Acaranya keren banget. Saya sangat tertarik sama Tempeniza dan Sahajunyu.
    Kebayang kalau tempe kesukaan keluarga saya diproduksi dengan alat higienis ini dan digoreng dengan cepat denga sahajunyu. WOW keren!

  • Noor Ita Yulinda

    Senang ya mba, bisa lihat pameran seperti itu. Terkagum-kagum dengan banyak masterpices itu. Sayangnya di kota keciku ini. Padahal pameran seperti ini bisa menjadi inspirasi buat pemuda menghasilkan karya mereka. Trims mba sharing yg bagus sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *