My Thoughts

Mengenal Potensi Diri Lewat STIFIn

Sudah pernah dengar tentang STIFIn? atau bahkan sudah pernah ikut workshop STIFIn? Kalau belum pernah berarti kamu dan aku satu senasib hehehe…

Tapi alhamdulillah aku diberi kesempatan untuk tahu tentang STIFIn ini lewat acara Blogger Gathering Bersama STIFIn pada tanggal 18 November lalu.


Acara yang bertajuk “Melakukan Perubahan Terbesar Dengan Memetakan Kekuatan Diri Sendiri” ini seusia dengan tajuknya, yaitu aku jadi tahu kekuatan diriku sendiri.

Penasaran? please baca pelan-pelan sampai akhir blogpost ini ya hehe…

STIFIn adalah tes kecerdasan yang dilakukan dengan cara memindai 10 sidik jari kita. Sidik jari yang membawa informasi tentang komposisi susunan syaraf tersebut kemudian dianalisa dan dihubungkan dengan belahan otak tertentu yang dominan berperan sebagai sistem-operasi dan sekaligus menjadi mesin kecerdasan.

Konsep STIFIn ini ditemukan oleh Farid Poniman bersama mitranya Indrawan Nugroho dan Jamil Azzaini pada tahun 1999.

STIFIn adalah singkatan dari Sensing, Thinking, Intuition, Feeling, dan Instinct. Mereka ini adalah mesin kecerdasan yang dihasilkan dari memindai sidik jari kita.



Ada beberapa strata genetik dalam konsep STIFIn, yaitu:
– Jenis kelamin.
Sesuai dengan fitrah dari Allah SWT, kecerdasan dan kepribadian pasti berbeda antara laki-laki dan perempuan
– Mesin Kecerdasan.
Yang dibagi menjadi 5 bagian belahan otak yaitu Sensing, Thinking, Intuition, Feeling dan Instinct.
Kemudi Kecerdasan.
Merupakan lapisan otak yang mengemudikan stimuli dari setiap mesin kecerdasan. Ada yang berwarna putih pekat (introvert) dan ada yang berwarna abu berongga (extrovert)

Dalam konsep STIFin, introvert mengarahkan kecerdasan dari dalam keluar sedangkan extrovert mengarahkan kecerdasan dari luar ke dalam.

Ketika mesin kecerdasan (S,T,I,F,In) dikemudikan oleh kecerdasan introvert dan extrovert, maka mereka disebut sebagai personaliti genetik (Si, Se, Ti,Te,Ii,Ie,Fi,Fe,In). Personaliti genetik ini adalah bersifat melekat dan tidak berubah semenjak kita lahir. Ada satu mesin kecerdasan yang spesial karena tidak ada lapisan yang dominan yaitu Instinct.

Orang yang memiliki kepribadian introvert biasanya termotivasi oleh hukuman atau tantangan, sedangkan orang yang memiliki kepribadian extrovert biasanya termotivasi oleh hadiah.

Sekarang aku tampilkam satu persatu ya tentang 5 mesin kecerdasan dan 9 personaliti genetik ini…

Sensing introvert.


Sensing extrovert


Thinking introvert.


Thinking extrovert.


Intuiting introvert.


Intuiting extrovert.


Feeling Introvert.


Feeling extrovert.


Instinct


Setelah di tes, ternyata aku memiliki kepribadian Feeling introvert hehehe, seperti ini rangkumannya…

Sebagai seorang blogger, konsep STIFIn ini bisa berpengaruh pada gaya penulisan lho….
Sensing: Non-Fiksi, Jurnalis, Biografi
Thinking: Ilmiah
Intuiting: Fiksi, Novel, Sastra
Feeling: Gosip, Story Telling, Biografi
Instinct: Hikmah, Tips, Lifehacks, Resep Masakan

Di acara tersebut aku juga sempat bermain board game Pancarona bersama teman-teman blogger lain. Permainan yang pemainnya maksimal 5 orang ini aturannya mirip monopoli ini seru dan bikin otak jadi berpikir, karena board game Pancarona ini termasuk game based learning. Gamed Based Learning adalah metode belajar yang menggunakan aplikasi permainan.


Biaya untuk melakukan tes STIFIn ini menurutku terjangkau mengingat hasilnya akan sangat berguna bagi kehidupan kita

STIFIn juga bisa dijadikan peluang usaha yang mendatangkan uang. Caranya adalah dengan menjadi promotor STIFIn, menjadi agen STIFIn, atau membuka cabang STIFIn.

Promotor STIFIn


Agen dan membuka Cabang STIFIn


Bagaimana? STIFIn ini menarik kan? kalau ingin coba tes STIFIn, jadi promotor atau ingin jadi Agen atau bahkan ingin buka cabang STIFIn silahkan cari tahu lewat situs STIFIn dan bisa langsung hubungi Mbak Dhey Siregar di nomer hp 081511371446

happy wife, happy mommy, happy blogger :)

17 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *