My Thoughts,  Travel

Pengalaman Terbang dengan Singapore Airlines First Class

Suatu siang di telepon…

Suami: Mam, next week kamu ikut saya ke Singapore ya.
Aku: Ada tugas di kantor Singapore? kok ajak aku?
Suami: Nggak kok, ada acara seremoni yang harus kita hadiri.
Aku: Oke pa (habis tutup telepon, langsung happy)

Beberapa hari sebelum pergi, suami forward email konfirmasi pemesanan tiket pesawat. Di email tersebut tertulis bahwa suami pesan tiket pesawat Singapore Airlines dengan tipe kelas yang bikin aku surprise. Surprise karena suami pesan tiket pesawat dengan tipe First Class. Antara senang dan kesal beda tipis, senang karena aku bisa merasakan terbang dengan first class kesal karena tiba-tiba ingat harga tiketnya, 2 orang pulang pergi pula.

Pada saat aku tanyakan itu, suami bilang: “Nggak apa-apa, kan nggak sering juga. Kita sudah pernah naik business class nya, sekarang bisa naik first class nya.”

Ya sudah, akhirnya aku cuek deh wong bayarnya juga nggak mengurangi uang belanja bulanan hehehe…

Sekarang aku ceritakan pengalaman naik first class Singapore Airlines ya….

Pagi itu aku dan suami tiba di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta. Untuk check in, kami menuju Island A. Singapore Airlines first class ini membolehkan penumpangnya membawa bagasi seberat 100kg. Setelah check in, kami menuju jalur Sky Priority sebelum menuju ke imigrasi.

Di imigrasi inilah aku merasakan perbedaan perlakuan naik penerbangan kelas ekonomi dengan naik penerbangan first class. Pada saat aku naik penerbangan kelas ekonomi dengan maskapai yang sama, aku diminta untuk melakukan finger print. Naik business class pun juga diminta melakukan finger print walaupun tetap lewat jalur Sky Priority.Β  Tapi pada saat aku naik penerbangan first class, petugas imigrasi hanya mencocokan wajahku dengan foto di passport dan langsung mempersilahkan aku melewati gerbang imigrasi.

Setelah melewati imigrasi, kami menuju Plaza Premium Lounge yang terletak dengan Gate 5. Lounge yang berbentuk melingkar ini menyediakan makanan ala buffet walaupun varian makanannya terbatas, juga terdapat bar yang menyediakan berbagai minuman. Mulai dari minuman beralkohol sampai dengan teh dan kopi yang bebas kita minta setiap saat. Hampir setiap meja disini memiliki colokan listrik entah untuk mengecas handphone atau laptop.

Plaza Premium Lounge juga menyediakan mushola dan kamar mandi, bukan cuma toilet yang sayangnya aku lupa foto hehehe

Plaza Premium Lounge – Soekarno Hatta Airport

Kami menghabiskan waktu sekitar setengah jam di Plaza Premium Lounge ini sebelum naik pesawat. Waktu boarding pun tiba, petugas memanggil para penumpang first class lebih dulu untuk naik ke pesawat. Jalur yang kami lewati pun berbeda, mulai dari pemeriksaan tiket sampai masuk ke dalam kabin pesawat.

Sesampainya di kabin dan duduk di kursi, kami langsung ditawari minuman oleh pramugarinya. Berhubung aku memakai hijab, aku hanya ditawari teh, kopi, atauΒ  fresh orange juice dan aku pilih yang terakhir.

Untuk kabinnya jelas terasa nyaman. Kursinya lebar, sepertinya muat untuk diduduki oleh dua orang. Kursi ini termasuk tipe reclining seat alias bisa memiliki tempat untuk selonjoran kaki.

First Class Cabin Singapore Airlines

Di sebelah kiri kursi terdapat kompartemen untuk menaruh minuman, barang-barang berharga dan tempat untuk menaruh headphone berikut majalah. Di sebelah kanan kursi ada lampu baca, colokan headphone, beberapa tombol untuk mengatur angle kursi dan semacam remote televisi. Di bagian depan terdapat semacam televisi dengan ukuran layar yang lumayan besar. Kemudian dibawahnya terdapat kompartemen untuk menaruh tas dan meja tarik untuk makan.

First Class Cabin Singapore Airlines

Untuk headphone, Singapore Airlines menggunakan brand Bang & Olufsen, sebuah brand untuk audio kelas atas asal Denmark. Suaranya jernih sekali dan kedap suara pada saat dipakai. Untuk in flight entertainment nya juga juara, berbagai macam judul filmΒ  termasuk film box office dan banyak sekali jenis musik yang bisa dipilih disitu.

Untuk menu makanan, sudah terdapat daftar pilihan sesuai dengan waktu keberangkatan. Berhubung aku berangkat pagi hari, jadi aku dapat pilihan menu untuk sarapan.

Menu First Class Singapore Airlines

Aku pilih menu main course yang kedua yaitu Braised Oriental Salmon Fillet in Blackbean Sauce <<< duileee namanya panjang bener hahaha…
Untuk rasanya sih enak, tapi berhubung aku sudah sarapan di lounge, jadi tidak begitu spesial.

Untuk toiletnya, terlihat bersih sekali dan ukurannya lebih besar daripada toilet kelas ekonomi. Didalamnya juga terdapat toiletries branded, sayangnya aku lupa ambil fotonya hehehe

Itu ceritaku untuk rute Jakarta – Singapore, sekaran aku ceritakan untuk rute Singapore – Jakarta ya….

Kami tiba jauh lebih awal di bandara Changi setelah check-out dari hotel. Kami sengaja pesan kamar hotel tanpa sarapan karena sengaja ingin merasakan sarapan di executive lounge nya Singapore Airlines hahaha lagipula ingin jalan-jalan dulu di seputar Changi sebelum pulang ke Jakarta.

Sebelum sampai di executive lounge, kami masuk ke ruang khusus untuk pemeriksaan tiket dan imigrasi. Untuk menuju executive lounge yang bernama SilverKris Lounge ini, kami harus naik elevator ke lantai 3.

SilverKris Lounge terbagi menjadi dua area. Sebelah kiri untukΒ  penumpang business class, sebelah kanan untuk penumpang first class. SilverKris Lounge jelas lebih luas dibandingkan dengan Plaza Premium Lounge.

Terdapat ruang duduk yang nyaman, dan cukup untuk menampung banyak penumpang. Untuk makanan dan minumannya juga jauh lebih variatif daripada Plaza Premium Lounge.

SilverKris Lounge – Changi

Untuk kamar mandi dan toilet pun terlihat mewah. Tersedia amenities seperti obat kumur, sikat gigi berikut pasta gigi nya di setiap washtafel. Perbedaannya adalah SilverKris Lounge tidak menyediakan mushola.

Suasana sarapan di SilverKris Lounge

Setelah kenyang, kami berkeliling Changi sambil belanja menunggu waktu boarding tiba. Sekitar 10 menit sebelum waktu boarding, kami sudah duduk manis dekat di ruang tunggu keberangkatan. Sama seperti di Jakarta, penumpang first class dipanggil untuk masuk ke pesawat lebih dulu.

Yang berbeda dari rute Singapore – Jakarta ini hanya pada menu makanan. Karena kami berangkat pada siang hari, jadi kami dapat menu pilihan untuk makan siang. Seperti ini menunya…

Menu first class Singapore Airlines

Aku memilih menu main course Fettuccine in Tomato-Basil Sauce with Salmon and Prawn. Untuk rasanya menurutku terlalu banyak rasa asamnya, tapi untuk salmon dan udang nya enak sekali.

Untuk pelayanan cabin crew first class Singapore Airlines ini jelas juara, kabarnya mereka di anugerahi penghargaan “World’s Best Airline Cabin Crew”

Mereka super duper ramah dan lincah. Setiap lihat gelas kami habis, mereka langsung menawarkan minuman untuk kami pilih. Setiap menawarkan menu makanan, mereka akan berlutut dibawah kursi, ini yang bikin aku kikuk karena merasa aku nggak sopan duduk di atas kursi sementara mereka berlutut dibawahnya.

Mereka juga berinisiatif untuk menawarkan selimut dan selalu menanyakan apalagi yang kami inginkan seperti koran atau snack. Setiap mau take off atau landing, mereka dengan sigap langsung menyiapkan posisi aman untuk kami. Tidak lupa senyum yang selalu tersedia untuk kami mulai dari masuk kedalam pesawat sampai keluar dari pesawat.

Walaupun durasi penerbangannya singkat, pengalamanku naik first class Singapore Airlines cukup berkesan. Semoga ada rezeki dan kesempatan untuk naik first class untuk rute penerbangan yang lebih jauh, entah dengan Singapore Airlines atau maskapai yang lainnya πŸ™‚

 

happy wife, happy mommy, happy blogger :)

51 Comments

  • Haeriah Syamsuddin

    Asyik banget bisa merasakan duduk di first class, selama ini saya hanya bisa di business class aja. Pernah sih, suami ajak tapi rasanya sayang duit dihabiskan hanya untuk duduk beberapa jam. Maklum, diriku emak-emak super irit, hehehe.

  • Talitha

    MasyaAllah, barakallah mba. Alhamdulillah ya, bisa menikmati penerbangan yang nyaman dan luar biasa seperti ini. Duh, semoga saya ketularan suatu saat nanti, hehehe

  • steffifauziah

    cakep bener itu first class. ya Allah bikin betah kalau tempatnya nyaman dan makanannya enak ya. hihi. Aamiin semoga kita dimudahkan rezekinya ya mba dan bisa naik first class lagi lain waktu.

  • Annafi

    Pasti seru banget ya mba bisa mencoba first class! Pelayanannya maksimal dan nyaman banget, semoga aku punya kesempatan menikmati penerbangan first class juga nantinya

  • Faradila Putri

    Seruuu banget mbak bisa naik First Class! Impian aku nih naik First Class tapi yang long haul flight hahahaha biar sekalian nikmatin semua course makanan. And every food looks super yummy!

  • Tuty Queen

    waah puas bangeeet.. aku belum pernah nyobain yang First Class (langsung lirik dompet kosong) haha.. mudah2an nexr bisa nyobain seat yang First Class juga πŸ™‚

  • Arda Sitepu

    Ya ampun naik SS First Flight ini rasanya menyenangkan sekali mbak lihat fasilitasnya, apalagi tempat duduknya berasa nyaman banget ya mbak.

  • Mutiara Sy

    Seru banget Kak, naik first class. Aku belum pernah nih hehehe. Tapi emang worth ya kak, dari segi fasilitas dan layanan yang didapat.
    Apalagi Singapore airlines emang udah terkenal bagus layanannya.

  • Bambang Irwanto

    Baca cerita Mbak Irena, saya lansgung mupeng, Mbak. Ingin merasakan juga. Fasilitas benar-benar berkelas ya, Mbak. termasuk bisa bawa bagasi sampai 100 kg. Semoga saya ada rezeki juga untuk naik Singapore airlines first class ini. Aamin.

  • Muhammad Rifqi Saifudin

    Bergetar dompetku membaca cerita first class ini, naik business classnya garuda aja belum pernah, jangankan bisnis, ekonominya aja bisa dihitung jari. Tapi memang sih, pelayanan itu akan sesuai dengan harganya, walaupun aku yakin harga paling murah pun pasti akan tetap dilayani. Changi Airport itu keren banget ya kak, salah satu bandara yang pengen kudatengin

  • Andina

    Wah berasa mewahnya baca artikelnya mba. Pantas menang penghargaan, karena servisnya sangat top class. Mba ini terbangnya baru aja apa udah lama? Ngeri mba karena corona. Semoga ga ada apa-apa ya

  • Mei Wulandari

    Hai Mba Iren salam kenal ya.
    Duh baca postingan ini jadi mupeng rasanya ingin terbang naik SINGAPORE AIRLINES KELAS FIRST CLASS hahaha
    Meski tiketnya lumayan penting ga kurangi jatah bulanan ya hehe
    Menu sarapannya semuanya menggoda, apalgi fasilitasnya beda ya sama ekonomi, ya iyalah

  • hani

    Wawaw…memang sih ya sesekali perlu juga memanjakan diri. Menikmati rasanya terbang dengan fasilitas first class. Apalagi Singapore Airlines. Sejak dulu kan terkenal keramahan dan pelayanan primanya.
    Pas baca dari awal…kok sayang nih…kurang jauh. Haha…Semoga ada kesempatan lagi ya Mbak, ke Eropa gitu…

  • Husnul Khotimah

    WOW… sebanding sama harganya hahhaa… udah bayangin aja berapa duit diliat dari pelayanan mewah dan tempat-tempat mewahnya :)). Kalo gak dishare gini kita gak tau ya gimana first class itu, biasanya udah lupa pepotoan haha. Saya gak ada pengalaman naik bisnis apalagi naik first class.. Jangankan makanan enak, minum aja gadapet #eh curcol πŸ˜€

  • aldhi Fajar

    Wah kapann aku bisa naik first classnya singapore airlines. mupeng banget, Aku sebenernya agak prno kalo naik pesawat. Tapi liat dari foto2nya sepertinya pelayanan SIA lebih baik ya,, Doakan saya bisa naik juga hehe plus jalan2 keluar negeri

  • Damar Aisyah

    Ah, mantap nian, Mbak. ya namanya aja fisrt class ya, pasti semuanya serba yang utama. Hadeh semua lux gitu, kapan aku ngerasain naik yang begitu, hehe. Kalau naik yang begini beneran berasa di-entertain. Mau 2 atau 3 jam juga gak bakalan terasa.

  • Lina W. Sasmita

    Terlihat banget itu Pak Suami ingin banget menyenangkan istri haha. Alhamdulillah ya Mbak Iren ternyata tiket frist class nggak sampai mengurangi jatah belanja dapur. Btw luar biasa banget ya bagasi sampai 100 kg. Bisa bawa barang-barang buat jualan haha.

  • Grandys Mawarni

    asyiknya diminta langsung buat naik first class, hepi terus ya mami Ireeeeen. Semoga next time pengen juga rasain first class maskapai gini, semoga segera badai korona ini berlalu. Nice journey, sering sharing ya mih!

  • Raya Akaputra

    Wahh serius dong beneran first class, Gilaaa! Mana singapore airlines lagi, liat first classnya maskapai negeri aja udh bikin kegiur banget πŸ™ Mehongggg banget soalnya kak, tapi servicenya muantepp bett

  • Blogger Medan - Ririn Wandes

    Mewah banget dengan Singapore Airlines ini yah,mbak. Salah satu maskapai yang ingin kugunakan nih apalagi first class pasti fasilitasnya oke banget. Pastinya kalo first class gini serba diutamakan untuk masuk dan dapat makanan yang mantul.

  • Marita Ningtyas

    Cuma bisa mlongo, wkwk. Boro-boro naik first class, naik economy class aja belum pernah.. alias belum pernah naik pesawat terbang haha.

    tapi sekeren itu ya kalau naik first class, biasanya cuma lihat di fotonya para artis wkwk.

  • Nurhilmiyah

    First class cabin mah gitu ya,.. lapaaang deh legaa… seneng ya Mbak Irena punya pengalaman terbang first class dengan Singapore Airlines. Terima kasih telah membagikannya

  • Putri Santoso

    Kalau sesekali memang nggak apa-apa sih. Seperti memberi hadiah untuk diri sendiri yang udang kerja keras
    Kalau aku sih belum semampu itu untuk urusan pesawat. Tapi biasanya lebih ke hotel sih. Staycation gitu di hotel yang punya layanan lengkap, kamarnya enak buat rebahan. Hehehe
    Intinya kita punya cara sendiri untuk memberi apresiasi diri

  • Ranti

    Wahh baca ini jadi berasa naik flight yang first class juga. Makasih ya mbaa sharing cerita seru dan foto-foto cantiknya. Semoga aku sekeluarga juga someday bisa ngerasain first class juga πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *