My Thoughts

Tips Ampuh Agar Presentasi Memukau Audiens

Sebelum jadi blogger, aku pernah menjadi wanita kantoran yang bertugas sebagai marketing business to business alias marketing B2B. Menjadi marketing B2B mengharuskan aku untuk melakukan presentasi bisnis kepada perusahaan calon klien yang biasanya dihadiri oleh beberapa direksinya.

Agar presentasiku diterima dan dimengerti oleh perusahaan calon klien terlebih lagi sasaran utama adalah keberhasilan kerjasama bisnis, maka aku persiapkan presentasi sebaik mungkin sebelum hari H.

Di tulisan ini aku ingin berbagi pengalaman saat melakukan presentasi bisnis sebelum dan sesudahnya… barangkali ada yang memiliki pengalaman yang sama hehehe

Sebelum melakukan presentasi biasanya aku…

Menyiapkan baju formal yang rapih.
Biasanya aku pakai setelan blazer dan celana atau rok berwarna gelap, entah hitam atau biru dongker karena aku selalu beranggapan kalau memakai warna gelap akan lebih terlihat profesional.

source: Google

Menyiapkan slide presentasi Powerpoint yang menarik
Menurutku slide presentasi yang menarik didalamnya terdapat:
1. Judul yang menarik
2. Gambar yang eyecatchy kalau bisa gambar 3d
3. Teks yang singkat
4. Data infografis
5. Menghindari penggunaan bullets

Menyiapkan alat presentasi yang canggih
Selain slide presentasi, ada beberapa alat lain yang kugunakan seperti:
1. Laser Pointer, yang berguna untuk mengontrol pergantian slide presentasi

laser pointer – Google

2. Laptop yang full charged
3. LCD Proyektor, digunakan apabila perusahaan calon klien tidak menyediakan.

Agar presentasi kita bisa memukau audiens, maka kita harus:

Membuka presentasi dengan baik dan menarik

Ada dua teknik membuka presentasi yang kugunakan, yaitu teknik bercerita dan teknik menunjukan manfaat. Untuk teknik bercerita, biasanya akan kusampaikan cerita yang mengilustrasikan pokok dari presentasi. Untuk teknik mengajukan manfaat, biasanya aku akan menyampaikan manfaat produk perusahaanku atau manfaat kerja sama bisnis antara perusahaanku dengan perusahaan calon klien.

Menyampaikan pesan pokok presentasi dengan jelas dan padat.

Aku hampir selalu menggunakan teknik The Rule of Three. Teknik presentasi The Rule of Three adalah teknik yang mengelompokan pesan pokok presentasi menjadi tiga bagian. Tetapi teknik tersebut tidak bisa dipaksakan, tergantung pesan pokok presentasi yang kita buat.

Menutup presentasi yang berkesan

Cara menutup presentasi akan berpengaruh kedalam ingatan audiens tentang presentasi kita. Teknik yang paling sering kugunakan adalah teknik ajakan untuk bertindak, misal untuk membeli produk perusahaanku. Teknik kedua adalah teknik merangkum materi presentasi dengan singkat.

Yang juga perlu diperhatikan pada saat menyampaikan presentasi adalah:
Bahasa Verbal:
1. Bahasa yang baik
2. Efisiensi kalimat
3. Kejelasan suara dan kecepatan berbicara
4. Jeda pembicaraan
Bahasa Non Verbal:
1. Postur tubuh
2. Kontak mata dengan audiens
3. Ekspresi wajah
4. Gerakan tubuh

Yang tidak kalah pentingnya agar presentasi kita dapat memukau audiens adalah berdoa sebelum menyajikan presentasi, hilangkan grogi, dan bersikap natural πŸ™‚

 

 

 

 

happy wife, happy mommy, happy blogger :)

11 Comments

  • Anggarani

    Akutu suka grogi kalau ngomong di depan orang banyak kalau materinya banyak. Kalau cuma minta peserta buat ngumpulin tugas atau apa yg ringan2 dan pendek durasinya masih bisa deh

  • innaistantina

    dari kecil saya suka banget lihat Bapak kalo pidato atau presentasi di depan banyak orang, dari sini tanpa sadar saya belajar banyak disini, dan bidang pekerjaan yang akhirnya saya tekuni juga mepet-mepet dengan serba presentasi dan ngomong ke orang banyak.

  • Erny Kusuma

    Samaan mb, dulu kerjaku jg presentasi produk di sebuah perusahaan. Dan yg terpenting lgi kita pede dgn penampilan kita kali ya. Sbb klu klu tdk pede bisa berefek pd apa yg akan kita presentasikan.

  • Lelly

    Next, ajarin tentang bikin slide presentasi yang kece dong mbak. Kalau tentang maju presentasi biasanya sih aku modal bismillah gitu. As long as, point-point yang tadi mbak sebutin udah ada, PD aja gitu.

    Cuma ya ituuu…
    Kadang pingin slide presentasinya lebih cetar membahana.

  • Siska Dwyta

    Boleh juga nih tipsnya Mbak, cuma saya kalau disuruh presentasi di depan banyak orang secara umum pasti grogi banget nih. Nggak biasa sih., biasanya cuma bawa materi saja di depan siswa2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *