My Thoughts

Toko Buku | Cara Mudah Mengatasi Stress

Sebagai orang yang punya hobi membaca, aku suka sekali ke toko buku. Walaupun jaman sekarang banyak toko buku online, tapi aku tetap lebih suka dengan toko buku yang ada bentuk fisiknya alias toko buku offline. 

Toko buku itu semacam playland buatku, salah satu tempat buat mengatasi stress. Stress mereda, ilmu baru bertambah. itulah keuntungan ke toko buku menurutku.

Ada lima toko buku yang sering aku kunjungi, aku ceritakan satu persatu ya 😀

Toko buku Gramedia Matraman

TB Gramedia Matraman – Google

Toko buku legendaris ini paling sering aku kunjungi. Menurut info yang aku dapat, toko buku milik Group Kompas Gramedia ini berdiri sejak tahun 1970 dengan toko pertamanya di kawasan Jakarta Barat. Jadi aku ngga tahu persis kapan toko buku Gramedia Matraman ini berdiri hehehe …yang pasti sejak aku usia sekolah dasar, toko buku ini sudah ada. Bapakku sering ajak aku kesana, karena dekat sekali dengan rumahku saat itu. Bahkan dulu di toko buku Gramedia Matraman ini pernah ada supermarketnya yang bernama Grasera, yang bangkrut akibat kerusuhan massal tahun 1998.

Setelah dibangun ulang, toko buku Gramedia Matraman ini isinya makin lengkap. Tidak hanya menjual buku, sekarangpun menjual elektronik macam laptop dan printer, termasuk menjual peralatan musik dan olahraga. Toko buku Gramedia  Matraman juga menjual perlengkapan sekolah seperti tas ransel, alat tulis, dan sepatu sekolah. Anakku yang bungsu pernah juga beli mainan di toko buku ini.

Sekarang ini sudah ada beberapa tempat makan dan kafe di toko buku Gramedia Matraman, jadi kalau sudah lelah pilih-pilih buku bisa mampir dulu sekedar minum teh atau kopi baru deh balik hunting buku lagi.

Kembali lagi ke hobi membacaku, di toko buku ini sepertinya ada jutaan buku yang menarik untuk dibaca. Mulai dari komik, novel, buku biografi, buku travel, buku agama, sampai buku bisnis. Oh ya toko buku Gramedia ini dinobatkan sebagai toko buku terbesar di Asia Tenggara lho, pantas saja isi bukunya jutaan ya.

Toko buku Gunung Agung Kwitang

TB. Gunung Agung Kwitang – Google

Ini toko buku yang legendaris juga, bahkan didirikan jauh lebih dulu dari toko buku Gramedia. Toko buku Gunung Agung ini didirikan pada tahun 1953 oleh (Alm) H. Masagung. Toko buku ini juga lumayan lengkap isinya, tapi menurutku suasananya tidak senyaman toko buku Gramedia Matraman.

Books & Beyond

TB. Books & Beyond – Google

Aku suka ke Books & Beyond yang ada di Lippo Mall Kemang. Biasanya aku kesini kalau lagi banyak duit kalau cari buku impor. Suasananya jelas nyaman dan lebih sunyi, jadi lebih fokus cari bukunya.

Sentra Buku Kwitang

Sentra Buku Kwitang – Google

Sentra buku Kwitang ini jadi favorit aku, karena harga bukunya murah-murah dan bisa ditawar. Maklum namanya emak-emak, kalau nggak menawar harga barang nggak afdol yakhaaann hehehe… Biasanya aku kesini cari buku sekolah anak-anakku dan cari novel-novel lawas.

Sentra Buku Blok M Square

Sentra Buku Blok M Square – Google

Sejujurnya aku baru dua kali datang kesini, karena baru tahu ada sentra buku ini pada saat lagi cari makan siang selepas urus perbaikan mobil di pusat onderdil Blok M Mall. Disini tempatnya lebih nyaman daripada sentra buku Kwitang. Banyak buku-buku bagus dan murah, dan yang pasti bisa ditawar. Kios-kios buku disini biasanya menyediakan semacam tumpukan buku di meja besar dan dikasih bandrol harga yang terbilang sangat murah. Aku pernah ubek-ubek tumpukan buku obralan yang harganya Rp.10.000 per buah.

Selain toko buku diatas, sepertinya jaman sekarang banyak toko buku independen yang bermunculan ya. Dari yang kubaca, para toko buku independen itu juga multi fungsi.

POST Bookstore

POST Bookstore

POST Bookstore yang terletak di Pasar Santa ini kabarnya menjual buku-buku literatur dan cerpen karya penulis Indonesia dan mancanegara. POST juga mengelola penerbitan buku dengan nama POST Press. Dari info yang aku baca, toko buku ini juga berfungsi sebagai ruang kreatif untuk mengadakan acara bedah buku, peluncuran buku, dan workshop. Menurutku konsepnya menarik ya, aku harus luangkan waktu datang kesini ah….

Art & Science Grand Indonesia

Art & Science Grand Indonesia – Google

Art & Science yang terletak di Grand Indonesia Mall ini merupakan gabungan antara toko buku dan lifestyle store. Selain menjual buku-buku impor, Art& Science juga menjual fashion distro, dan kerajinan tangan. Aku juga harus luangkan waktu untuk datang kesini nih.

Semoga makin banyak toko buku yang multifungsi, jadi makin banyak tempat buat meredakan stress hehehe

Psstt… bisikin dong, toko buku merangkap kafe di seputaran Jakarta 🙂

 

happy wife, happy mommy, happy blogger :)

12 Comments

  • Siti Hairul

    Aku pengen banget main ke Kwitang ini. Ini katanya pusat belanja buku murah di Jakarta ya. Jadi penasaran.
    Aku juga sering main ke Gramedia di Jogja biasanya sebulan sekali. Nemenin anak2 nyari Conan terbaru hahahaha.

  • ikromzain

    ah aku belum pernah ke toko buku klo ke Jakarta mbak
    pasti lebih gede ya secara pusatnya
    iya nih aku juga pengen ke toko buku yg sekalian kafe
    jadi habis beli buku langsung nyeruput teh deh

  • Novri

    Haha. Mon maap ijin nyimak aja ya mba, ga bisa bisik2 soalnya ngga ngerti area Jakarta. Karena saya di Surabaya. Tempat2 yg direferensiin kayaknya asik-asik deh. Kalau saya belanja buku palingan sekalian ngajak anak-anak hang out. Nunggu BBW atau book sale. Buat emaknya, lebih sering hunting online

  • sita

    saya bisikinnya yang ada di Solo aja ya mbak, hehe.. kalau yang bener-bener bookstore sekaligus kafe sih, belum ada. Tapi kalau ada di gedung yang sama ada beberapa, termasuk yang ada di mall.

  • Hastin Pratiwi

    Aku pernah dengar pusat buku murah di Jakarta di area Kwitang, tapi belum pernah ke sana karena tinggal di Jogja 🙂 Klo di Jogja ada juga lho mba pusat buku murah dan buku lawas, namanya area Shopping. Bisa cari buku bekas dengan harga obral juga.

  • Erin

    Di Jakarta emang asyik cari toko buku, gak kaya di Cikarang adanya books & beyond tapi ya itu harus punya budget banyak. Hehe
    Tertarik berkunjung ke POST bookstore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *