My Thoughts

Yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Pemadaman Listrik Massal

Hari Minggu tanggal 4 Agustus kemarin terjadi pemadaman listrik massal atau bahasa kerennya Blackout. Dari berita online yang aku baca terjadi di seluruh wilayah Jawa Barat dan sebagian wilayah Jawa Tengah. Penyebabnya utamanya karena adanya gangguan pada transmisi Ungaran-Pemalang sebesar 500kv (sumber berita: Okezone)

Rumahku berada di Kab.Bogor (Gunung Putri) pada saat padam lampu terjadi pada jam 12.20 sampai dengan jam 19.00, kemudian terjadi lagi pada jam 23.00 sampai dengan jam 04.00 pagi (Senin 5 Agustus). Pada saat kejadian padam lampu, sinyal provider pun ikut meredup sampai akhirnya tertera No Service di handphone.

Kondisi sekitar komplek rumah mulai panik, terlihat dari berbondong-bondongnya warga menyerbu minimarket dan supermarket untuk membeli lilin dan kebutuhan lain. Minimarket pun ada beberapa yang tutup lebih awal karena genset yang mereka miliki sudah tidak bisa mengantisipasi.

Melihat hal tersebut, aku dan suami melakukan persiapan untuk menghadapi Blackout ini…

Cahaya Darurat

Cahaya darurat ini bisa berupa Lilin, yang sebaiknya memang sudah dipersiapkan di rumah walaupun tidak ada pemadaman listrik.

doc: Google

Berikutnya adalah Lampu Emergency. Lampu Emergency akan menyala otomatis jika terjadi padam listrik. Lampu ini menggunakan sumber daya baterai aki kering dan bisa di recharge.

doc: Google

Cahaya darurat selanjutnya bisa didapatkan dari genset. Genset adalah pembangkit listrik cadangan dengan yang menggunakan energi kinetik. Listrik yang dihasilkan tergantung ukuran genset.  Genset ini tersedia dalam berbagai ukuran mulai kapasitas 500watt sampai dengan ribuan kilowatt. Untuk genset rumahan, cukup membeli dengan kapasitas 1500watt sampai dengan 3000watt dengan bahan bakar bensin atau solar. Memang harga genset ini terbilang mahal, tapi menurutku merupakan investasi yang bagus, harga genset dimulai dari Rp.1.500.000 bisa dicari di marketplace atau offline store macam Ace Hardware.

doc: Google
Uang Tunai

Pada saat terjadi pemadaman listrik kemarin, banyak minimarket atau supermarket yang tidak bisa menerima pembayaran melalui kartu debit atau kartu kredit karena mesin EDC nya pun ikutan mati. Banyak ATM yang juga tidak bisa beroperasi karena padamnya listrik ini. Jadi menurutku pada saat mulai beredar berita terjadi pemadaman listrik massal, sebaiknya kita ambil uang tunai pada saat ATM masih berfungsi.

doc: Google

 

Bahan Bakar

Sebaiknya isi tangki bahan bakar mobil sampai penuh dan beli bahan bakar untuk keperluan genset sebelum antri parah.

doc: Google

 

Bahan Makanan

Mengingat pada saat terjadi Blackout kemarin, sinyal provider juga ikut lenyap. Maka kita sangat sulit untuk memesan makanan lewat Go-Food atau Grab-Food, sebaiknya kita menyiapkan persediaan bahan makanan seperti minyak goreng, mie instan, telur, kornet, dan sardines. Beras pun harus kita siapkan jika sudah habis, karena bisa dimasak secara manual.

doc: Google
Air Galon

Air galon ini juga penting kaann, untuk minum dan keperluan masak. Apabila air untuk mandi kondisinya kotor, air galon ini juga bisa digunakan.

doc: Google
Gas Elpiji

Naah ini juga nggak kalah penting lho, karena akan digunakan untuk memasak.  Jika merasa persediaan gas elpiji sudah menipis sebaiknya segera beli dan biasanya penjual gas elpiji ini juga menyediakan air galon, jadi bisa sekaligus belinya.

doc: Google

Demikianlah yang aku lakukan pada saat terjadi Blackout kemarin, dan sedihnya pada saat saya menulis ini terjadi lagi pemadaman listrik bergilir 🙁

Semoga permasalahan listrik ini segera terselesaikan ya gaeeess…

 

 

 

 

happy wife, happy mommy, happy blogger :)

20 Comments

  • Akarui Cha

    Saya mau nambahin boleh nggak Mba?

    Powerbank.

    Butuh banget buat berkomunikasi sama keluarga atau kerabat di saat pemadaman kemarin. Walaupun sinyal kelap kelip tapi seenggaknya komunikasi nggak terputus banget.

  • Efa Butar butar

    Iya sih, baru kepikiran untuk siapin hal hal di atas saat listrik padam. Aku sendiri waktu listrik tak kunjung nyala malah mojok aja di kamar, bikin content youtube. Begitu nyala, vidio di youtube langsung siap tayang. Hehehe

  • Okti Li

    Semoga listrik kedepanya semakin stabil, semakin bisa memberikan contoh baik,
    Karena kami tinggal di kampung, masih ada banyak kendala, tapi saya mah mendoakan semua kok

  • Farhati Mardhiyah

    kemarin pas black out sempet susah nyari lilin, sampe muter-muter terus cuma boleh beli 2 batang doang, untungnya jam 9 malem udah nyala. dulu sih waktu di solo udah sering ngerasain mati lampu berjam-jam jadi gak kaget, eh penting loh ternyata rumah kita punya genset.

  • Dian

    Emak juara ni..

    Lengkap banget persiapannya ya mbak..

    Tapi memang harus prepare ya, kita nggak tahu kapan datangnya lampu mati..

    Harapannya nggak sering-sering ya

  • Ria Nugros

    Kemarin ditempat saya hampir 12 jam mati lampunya. Detik-detik mau nyala, lilin tinggal 1 batang lagi, deg-degan Alhamdulillah nyala. Memang harusnya punya lampu emergency.

  • Ludyah Annisah

    Noted, mba. Kalau inget pas blackout kemarin rasanya benar-benar miris banget, enggak ada persiapan sama sekali. Bikin aku sedih, bawaannya mau puasa aja biar tiba-tiba enggak mules karena kebelet p*p atau pengen pipis. Tipsnya berguna banget nih mba.

  • Visya

    Betul banget mom. Barang barang Di atas emang dibutuhkan banget saat blackout. Kemarin akhirnya ngerasain susahnyabtanpa uang tunai, haha, meskipun zaman udah serba emoney.

  • Faradillah

    Jakarta blackout aku ke acara beauty class hehehe, dari acara mampir ke mall sebentar dikira adem tapi tetap panas wkwkwk. Serius pas kmrn padam listrik gerah dan pengap, tapi hal kejadian aq jadi lebih bersyukur, ga ngebayangin warga pelosok yg tiap hari hanya pake lampu patromag/lilin pas malamnya

  • April Hamsa

    Kemarin emang kejadian luar biasa ya mbak Irene. Tapi kalau gak gtu kita gak tau kondisi kyk gtu mesti ngapain. Bener banget persiapannya, aku sampai nambah lampu emergency lagi di rumah haha. Trus juga skrng gak terlalu ngandelin cashless lg takut kyk kmrn bingung gak bisa tarik tunai hahaha

  • Grandys

    keponakan aku sampe ngungsi ke hotel mbaa karena pemadaman kemarin itu. Dan noted banget nih harus tetep punya uang non tunai, karena cashless berasa sengsara banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *